Carter Mobil

carter mobil

Rabu, 05 Februari 2014

troubleshooting komputer - windows


troubleshooting komputer


troubleshooting komputer - windows
Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.


Pesan Error Sebelum Masuk Windows

Berurusan dengan komputer yang tampak mulai menyala tapi tiba-tiba berhenti dan memunculkan pesan error sebelum memuat Windows merupakan salah satu situasi yang membingungkan yang dialami pengguna komputer. Untunglah, pesan-pesan ini memang ada sebab dan alasannya. Seringkali (tapi tidak selalu), hal ini menunjukkan adanya masalah yang ringan.

  • Mudah diperbaiki
Jika pesan error menawarkan pilihan Last Known Good Configuration atau Safe Mode, masalah ada hubungannya dengan startup windows. Pilihan Last Known Good Configuration dapat mengatasi masalah yang tidak kita ketahui penyebabnya. Safe mode merupakan pilihan yang tepat bila Anda, baru saja memasang perangkat keras yang baru. Pastikan tidak ada media penyimpan seperti disket, CD, flashdisk, yang terpasang di drive manapun. Jika Anda melihat sebuah pesan error yang berhubungan dengan keyboard, biasanya dikarenakan kabelnya yang mulai longgar. Kalau bukan karena kabelnya, pastikan tidak ada tombol yang macet dan pin-pin penghubungnya dalam keadaan baik. Jika masih saja tidak berfungsi, ganti saja dengan keyboard baru - rata-rata harga keyboard berbagai model sekarang ini cukup murah.

troubleshooting komputer
Beberapa jenis Power Supply memiliki saklar untuk memutus aliran listrik ke sistem komputer. Pastikan Anda tidak mematikan power supply.

  • Masalah Memori dan Sejenisnya
Pesan error ini menunjukkan adanya masalah pada modul memori. Lepaskan modul memori dan pasang kembali pada slot yang lain dengan hati-hati. Jika komputer dapat restart dengan baik maka masalahnya ada pada slot memori yang tadi, jika komputer tidak dapat restart kemungkinan modul memorinya sendiri yang bermasalah.
  • Interupsi tiba-tiba dalam mode proteksi
Hal ini mengindikasikan adanya perubahan yang tidak sesuai dengan BIOS (Basic Input/Output System). Masuklah pada menu seting BIOS dan cari pilihan untuk mengembalikan BIOS ke posisi default-nya.
  • Hilangnya file NTLDR
NTLDR (ingat NT Loader) merupakan file pertama yang dijalankan ketika proses booting; file ini dapat hilang, tidak sengaja terhapus, atau korup. Kembalikan file NTLDR menggunakan CD setup Windows XP melalui Console Recovery. Di dalam jendela Command Prompt, ketikkan cd .. dan tekan ENTER. Ketikkan label drive CD-ROM (biasanya D:, kecuali ada drive yang lain) dan tekan Enter. Ketikkan cd i386 dan tekan ENTER. Ketik copy ntldr c: dan tekan ENTER. ketik copy ntdetect.com c: dan tekan ENTER. (Ntdetect.com merupakan file booting lain, yang ketika terhapus dapat membentuk file NTLDR.)
Setelah proses penyalinan selesai, ketik Exit dan tekan ENTER. Komputer akan restart.



Komputer Berbunyi tit.... tit....

Bunyi tit...., tit.... pada saat proses booting mengindikasikan adanya masalah yang menghambat komputer mengirim data ke monitor atau menghambat komputer start. Ada beberapa cara untuk mengidentifikasikan masalah ini. Ketika ada masalah yang menyebabkan BIOS tidak dapat membuat komputer start dengan baik, BIOS akan mengeluarkan bunyi dengan pola-pola tertentu untuk memberi petunjuk masalah apa yang sebenarnya terjadi.

  • Perangkat Keras Baru
Sangat mungkin terjadi bila sobat tanpa sengaja menekan sesuatu ketika membongkar komputer. Ingat-ingat apa saja yang telah Anda lakukan dan pastikan semuanya telah terpasang dengan baik. Nyalakan kembali komputer Anda. Jika masih saja ada bunyi tit... tit...., lepaskan perangkat keras baru tadi dan perhatikan apakah bunyi tit, tit... masih terjadi.
  • Kode Bunyi
Tidak ada pola standar dari bunyi ini. Untuk memahami bunyi ini, pertama-tama Anda perlu mengidentifikasi BIOS. Informasi tentang BIOS biasanya terdapat di dalam buku petunjuk penggunaan metherboard. Dengan berbekal informasi ini, cari tahu melalui internet tentang arti dari pola bunyi ini. Banyak situs yang menyediakan informasi mengenai hal ini.
  • Kerusakan komponen
Jika masalah masih terjadi, saatnya untuk mempertimbangkan menggati komponen yang bermasalah. Jika kode bunyi mengindikasikan adanya masalah pada RAM, pertama-tama sobat harus mengidentifikasi modul memori mana yang bermasalah, karena rata-rata komputer memiliki modul komputer lebih dari satu. Caranya adalah dengan melepas semua modul memori dan mencobanya satu-persatu. Dengan begitu sobat dapat mengidentifikasi modul memori mana yang rusak.

Jika graphic card yang bermasalah, ganti dengan yang baru dan perhatikan apakah masalah masih berlanjut. Pastikan kartu grafis pengganti cocok dengan motherboard dan sistem operasi komputer Anda - jika tidak, maka Anda hanya akan menciptakan masalah baru lagi.


Dalam mengatasi masalah komputer Anda, akan sangat membantu apabila ada komputer lain yang dapat Anda gunakan komponennya sekedar sebagai alat penguji. Anda akan memiliki banyak pertimbangan dalam mendiagnosa masalah sebelum Anda memutuskan pergi ke toko komputer untuk membeli komponen pengganti. Jika tenyata komponen yang baru Anda beli tidak mengatasi masalah, Anda akan menyesal telah membeli komponen yang tidak lagi bisa dikembalikan ke tok0.


Pembahasan windows kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren