Carter Mobil

carter mobil

Selasa, 07 Januari 2014

troubleshooting komputer - WLAN



troubleshooting komputer

troubleshooting komputer - WLAN

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.

Cara Mengatasi Ketika… Anda Tidak Dapat Mengakses WLAN

Memiliki koneksi wireless untuk mengakses jaringan rumah atau jaringan publik dari suatu bandara atau hotspot yang lain merupakan kemampuan yang menakjubkan. Tidak dapat mengaktifkan dan menjalankan koneksi wireless, atau jaringan yang sudah berfungsi tetapi tiba-tiba berhenti bekerja dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang luar biasa. Koneksi WLAN (wireless local area network) yang rumit kadangkala terputus. Tetapi ada cara-cara dasar perbaikan yang bisa Anda coba supaya jaringan aktif kembali.

Untuk tujuan tulisan ini, kami menganggap Anda memiliki Windows XP terinstal pada komputer Anda. Kami akan mendampingi Anda melalui langkah-langkah mengatasi tiga masalah koneksi wireless dasar yang muntkin Anda alami: tidak ada koneksi, koneksi turun, dan kecepatan koneksi yang rendah.

  • Tidak Ada Koneksi
Masalah koneksi dapat melanda komputer Anda ketika pertama kali menginstal jaringan. Masalah ini juga dapat terjadi di saat jaringan sudah berjalan dengan baik setelah beberapa bulan dan Anda mungkin lupa bagaimana mengakses jaringan baik melalui komputer remote dan router wireless. Bahkan hal ini menjadi tantangan lebih bagi Anda untuk mengatasi masalah apabila ternyata bukan Anda yang menyeting jaringan.

Dalam banyak kasus, Anda akan memulai usaha perbaikan dengan memeriksa konfigurasi komputer remote Anda. Ingat bahwa ini merupakan hal yang paling membingungkan dari masalah koneksi wireless. Cara-cara yang kami tunjukkan nanti bisa berhasil, bisa juga gagal. Menurut pengalaman kami, tidak ada cara yang benar-benar tepat. Kami hanya memaparkan hal-hal yang bisa dicoba oleh Anda. Anda harus terus berusaha melakukan perbaikan sampai jaringan benar-benar bekerja.


Buka Network Connections dengan mengeklik Start, My Network Places, dan View Network Connections. Pada panel sebelah kanan didalam jendela yang terbuka Anda akan melihat daftar dari semua cara-cara yang mungkin menghubungkan Anda ke jaringan dan internet berdasarkan pada perangkat keras jaringan dimana sistem Anda bekerja.
Komputer kita misalnya, menampilkan empat jenis koneksi: koneksi dial-up melalui modem, koneksi 1394 FireWire, koneksi 10/100BaseT Ethernet LAN, dan koneksi radio wireless 802.11g. kolom status menunjukkan apakah koneksi aktif atau tidak. Jika koneksi tidak aktif, maka akan ditampilkan pada kolom status. Jika koneksi aktif, status akan menampilkan Connected, Not Connected, atau Disconnected. Ketika sistem bekerja, status koneksi menjadi Connected. Tetapi sayangnya, walaupun status yang dinyatakan Connected tidak berarti Anda benar-benar memiliki akses jaringan.


Jika status Wireless Network Connections menyatakan Disabled, Anda atau pengguna lain mungkin telah menonaktifkannya secara manual. Untuk mengaktifkannya, klik kanan Wireless Network Connection pada kolom Name dan pilih Enable. Menu akan tertutup dan kotak status akan menampilkan “Enabling” sedang diaktifkan. Dalam beberapa detik status akan menjadi Connected, Not Connected, atau Disconnected dan kotak status akan lenyap. Jika status menjadi Connected, coba buka browser Anda. Seharusnya Anda kini telah terkoneksi dan aktif.



Jika status menjadi Disconnected, klik kanan Wireless Network Connection sekali lagi dan pilih Connect. Beberapa saat kemudian status seharusnya berganti menjadi Connected. Jika tidak, coba untuk mengakses website dengan browser Anda.


troubleshooting komputer
Jendela Network Connections menampilkan semua cara-cara yang mungkin menghubungkan Anda ke jaringan dan internet.

dalam keadaan ini seharusnya Anda sudah terkoneksi ke internet. Jika masih saja tidak ada koneksi internet, Anda harus berusaha lebih keras.
Jika status menyebutkan Not Connected, masalahnya mungkin sesederhana seperti wireless radio yang sedang mati. Periksa saklar (jika ada) pada notebook atau ketkkan kombinasi tombol-tombol kunci (misalnya FN-F2) untuk menyalakan radio. Status seharusnya berganti menjadi Connected. Jika iya, buka browser Anda. Anda seharusnya telah terkoneksi dan online.


Apabila ketika memeriksa radio Anda mendapati radio sudah menyala, klik kanan Wireless Network Connection dan pilih View Avalaible Wireless Network. Sebuah jendela baru, Wireless Network Connection akan terbuka. Jendela ini menampilkan daftar semua jaringan wireless yang tersedia didalam jangkauan dan meminta Anda memilih dari daftar Choose A Wireless Network dan klik Connect. Anda harus mengenali jaringan milik Anda. Jika kotak dialog tersebut tidak mengindikasikan adanya jaringan yang terhubung, pertama-tama Anda harus mencoba jaringan Anda sendiri. Jika jaringan Anda tidak terdaftar, masalahnya mungkin pada router atau modem Anda yang tidak bekerja dengan baik. Periksa router dan modem untuk memastikan lampu indikator menyala seperti seharusnya. Jika perlu, baca petunjuk manualnya agar kedua perangkat ini bekerja dengan baik.


Jika jaringan Anda ada didalam daftar, klik dua kali. Sebuah kotak status akan muncul menampilkan usaha untuk mencari koneksi. Setelah beberapa saat jaringan yang dipilih akan menampilkan pesan, “Acquiring Network Address”. Jika semua berjalan dengan baik, pesan Connected akan muncul. Buka browser Anda dan seharusnya Anda sekarang dapat mengakses web.
Jika kedua jendela Wireless Network Connection dan Network Connection menampilkan jaringan Anda Connected tetapi Anda tetap tidak dapat mengakses jaringan atau internet, maka permasalahan Anda semakin dalam saja.


Daftar jaringan yang tersedia akan mengindikasikan jaringan mana yang aman dan mana yang terbuka. Jika Anda tidak dapat online menggunakan jaringan sendiri, Anda dapat mencoba menghubungkan ke salah satu jaringan yang terbuka. Cobalah untuk terkoneksi dengan jaringan yang Anda tahu, apabila Anda terkoneksi dengan jaringan yang tidak aman dan tidak Anda ketahui akan beresiko bagi keamanan komputer Anda. Didalam daftar jaringan, klik dua kali untuk membuka jaringan dengan koneksi terbaik (jaringan dengan baris warna paling hijau). Sebuah kotak status memperlihatkan komputer Anda sedang mencoba masuk ke jaringan yang dipilih. Usaha ini perlu waktu, jadi bersabarlah. Ketika koneksi telah terhubung, cobalah untuk mengakses internet. Jika Anda berhasil, maka masalah pada jaringan Anda kemungkinan ada pada router, bukan komputer remote. Jika usaha gagal, masalahnya kemungkinan pada komputer Anda atau jaringan yang sedang Anda akses. Jika masih ada jaringan lain yang tersedia, cobalah untuk mengakses jaringan tersebut. Jika tidak ada satupun jaringan yang bisa Anda akses, masalahnya kemungkinan pada konfigurasi komputer remote.


troubleshooting komputer
Jendela Wireless Network Connection menawarkan sederet jaringan wireless yang tersedia dalam jangkauan dan meminta Anda untuk memilih dari daftar Choose A Wireless Network.

Jika wireless Network Connection menunjukkan Connected dan daftar jaringan yang tersedia juga menunjukkan Connected, masalahnya mungkin pada modem broadband atau koneksi router yang terhubung ke modem. Jika lampu indikator modem menunjukkan OK, cobalah mengganti kabel antara router dan modem dan cobalah untuk terkoneksi kembali. Jika masih saja tidak ada akses internet, Anda harus menggali lebih dalam ke tampilan Windows Network Connections.

Menuju ke level selanjutnya, klik kanan Wireless Network Connections didalam jendela Network Connections dan pilih Properties. Didalam kotak dialog Wireless Network Connection Properties tab General menampilkan daftar perangkat koneksi wireless yang Anda gunakan. Pada kenyataannya, tergantung pada apa yang terdaftar dan apa yang dicentang, sistem kemungkinan tidak menggunakan keseluruhan layanan ini, hanya satu atau dua yang akan memusingkan Anda. Pada komputer kami perangkat yang terdaftar termasuk Client For Microsoft Networks dan file and Printer Sharing For Microsoft Networks. Kedua layanan ini dapat dinonaktifkan, dan didalam jaringan wireless sederhana dimana Anda umumnya hanya ingin bebagi koneksi internet, layanan ini sebaiknya dinonaktifkan. Jika layanan ini terdaftar dan aktif didalam jaringan dan Anda tidak yakin akan membutuhkannya, nonaktifkan saja. Layanan lain yang bisa dinonaktifkan, kalau ada, adalah Client Service For Netware.


Masih ada layanan-layanan lain yang tidak penting di dalam daftar yang sebaliknya dinonaktifkan. Tiga layanan yang mendasar yang harus aktif setiap saat adalah QoS Packet Scheduler, Network Monitor driver, dan Internet Protocol (TCP/IP) atau Microsoft TCP/IP Version 6 (keduanya terdaftar, aktifkan salah satu saja).
Klik tab Wireless Networks untuk melihat daftar jaringan yang tersedia. Anda akan melihat simbol antena didekat nama jaringan. Jika Anda melihat tanda X berwarna merah, ada masalah pada konfigurasi. Kalau begini periksa kemungkinan masalah pada router dan coba pindahkan komputer remote mendekati router.


Klik jaringan dan klik tombol Properties dibawah daftar jaringan. Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang menunjukkan standar enkripsi yang sedang digunakan dan tersedia kotak isian dimana Anda dapat memasukkan nomor kunci WEP (Wired Equivalent Privacy). Windows terkadang lupa nomor kunci ini. Coba ketikkan nomor kunci WEP Anda. Selagi masih disini, klik tab Authentication dan pastikan pembuktian keaslian untuk jaringannya diaktifkan. Dalam banyak kasus memang seharusnya begitu, dan ketika digunakan seharusnya diaktifkan pada router juga. Periksa konfigurasi router untuk memastikan hal tersebut. Klik OK untuk menutup setiap kotak dialog yang terbuka.

Pembahasan WLAN kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren