Carter Mobil

carter mobil

Senin, 27 Januari 2014

troubleshooting komputer - browser



troubleshooting komputer

 
troubleshooting komputer - browser

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.


Cara Mengatasi Ketika… Browser Dibajak

Anda membuka browser seperti hari-hari biasanya, tapi ada yang tidak beres. Browser menampilkan halaman yang berbeda ketika start. Ada shortcut didalam folder Favorites padahal Anda merasa tidak pernah menyimpannya disitu, dan kejadian-kejadian aneh lainnya yang terjadi ketika Anda browsing. Yang paling buruk adalah, meskipun Anda mencoba secara manual mengembalikan setingannya ke keadaan semula, perubahan itu terjadi. Atau mungkin pilihan untuk mengembalikan ke setingan semula tidak dapat diakses lagi.

Browser Anda telah dibajak, dan meskipun kebanyakan para pembajak tidak bermaksud merusak file-file atau melakukan hal-hal jahat seperti serangan-serangan yang lain, misalnya virus, browser yang dibajak masih menjadi masalah penting yang harus ditangani secepatnya. Para pembajak dirancang untuk mengarahkan browser Anda ke situs-situs yang diinginkan pembajak untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung dengan harapan mereka dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan dari iklan.
  • Dasar-dasar Pembajakan
Browser dapat dibajak melalui beberapa cara. Serangan paling dasar dipicu disaat Anda melihat sebuah halaman web dan kode didalam halaman tersebut (atau kode yang secara otomatis ter-download ketika halaman tersebut ditampilkan) menggunakan lubang keamanan untuk mengganti halaman depan web, halaman pencarian default, dan setingan browser. Pembajak tidak melakukan hal lain selain itu, berarti Anda dapat memperbaiki masalah tersebut dengan mengganti entri-entri tersebut kembali ke setingannya semula (yang akan kita bicarakan nanti).

Para pembajak menyerang pada saat pengguna internet menginstal software, apakah itu karena lalai atau disengaja, yang menyebabkan pembajak memiliki akses yang lebih luas ke dalam sistem. Sebagian pembajakan ini mencegah Anda mengganti halaman dalam web atau mesin pencari ke halaman yang Anda inginkan dengan cara menonaktifkan keseluruhan setingan Internet Explorer. Pembajakan yang lain bahkan melakukan hal-hal yang lebih buruk, seperti misalnya menyebabkan iklan pop-up muncul meski saat itu Anda sedang tidak online.
  • Cara-cara Pencegahan
Salah satu cara termudah menghindari kemungkinan dibajak adalah dengan mengganti Internet Explorer dengan web browser alternatif seperti misalnya Firefox (download gratis; www.mozilla.com/en-US/firefox) atau Opera (download gratis; www.opera.com). pembajak memfokuskan sasaran mereka pada Internet Explorer karena banyak orang yang menggunakannya, dan program pembajak yang dirancang untuk memanfaatkan kekurangan Internet Explorer tidak berfungsi pada browser yang lain. Firefox dan Operaterus meraih popularitasnya, dan hal ini dapat menyebabkan kedua browser tersebut akan menjadi sasaran pembajakan juga. Tapi untuk sekarang ini, jika Anda masih menggunakan Internet Explorer, mengganti dengan browser yang lain akan mendatangkan keuntungan keamanan yang sangat berarti.

Jika Anda menggunakan Internet Explorer, pastikan untuk meng-update sesering mungkin karena Microsoft terus-menerus mengidentifikasi dan memperbaiki lubang-lubang keamanan. Untuk melakukannya, buka Internet Explorer, klik menu Tools, dan klik Windows Update. Pilih antara Express atau Custom (atau update software Windows Update jika perlu) dan instal semua aplikasi pendukung yang tersedia untuk Internet Explorer.

Apapun web browser yang Anda gunakan, menjadi sangat penting untuk menginstal beberapa aplikasi antispyware pada komputer Anda dan meng-update secara rutin. Program-program ini akan memindai masalah-masalah yang terjadi, dan ada juga yang mengunci komputer agar pembajak tidak dapat dengan mudah menggunakan rute entri. Anda dapat menggunakan aplikasi antispyware sebanyak mungkin pada komputer yang sama yang Anda inginkan (tidak seperti antivirus, diamana Anda cukup menggunakan satu aplikasi saja).

Kami merekomendasikan Windows Defender (download gratis; www.microsoft.com/athome/security/spy-ware/software/default.mspx), Spybot Search & Destroy (download gratis; www.safernetworking.org), Ad-Aware (download gratis; www.lavasoftusa.com), dan Spyware Blaster (download gratis; www.javacoolsoftware.com/spywareblas-ter.html). Update program-program tersebut setidaknya sebulan sekali jika program-program tersebut tidak dapat meng-update secara otomatis.

troubleshooting komputer


Kami juga merekomendasikan Anda men-download dan menjalankan BugOff (download gratis; www.spywareinfo.com/~merijn/pro-gram.php), yang memperbaiki berbagai kelemahan yang biasa digunakan para pembajak. BugOff agak lebih sulit digunakan dibandingkan dengan program-program lain yang telah disebutkan sebelumnya karena anda harus mengaktifkan dan menonaktifkan entri-entri secara manual sehingga akan berdampak pada program-program yang sebenarnya ingin Anda gunakan. Ketika menjalankan BugOff, caranya adalah dengan mengklik Disable pada sebanyak mungkin entri-entri yang ada tetapi baca teks Side Effect dengan cermat untuk memastikan pilihan-pilihan tersebut tidak berdampak buruk pada aplikasi yang lain. Sebagai contoh, dengan menonaktifkan Microsoft.XMLHTTP Object akan menutup lubang yang bisa digunakan para pembajak, tetapi juga akan mencegah Windows Update dan Gmail bekerja dengan normal, jadi biarkan saja tetap aktif dengan resiko yang ada. Dengan mengklik tombol Disable akan langsung membuat perubahan, cukup tutup aplikasi tersebut jika Anda sudah selesai.

troubleshooting komputer
Gunakan Windows Update agar Windows XP dan browser selalu up-to-date.

Akhirnya, selalu jaga diri disaat browsing atau mengeklik link di dalam email atau dokumen yang lain yang akan membuka halaman web di dalam browser. Para pembajak dapat mengakses ke dalam komputer karena orang-orang secara tidak sadar telah menginstal pembajak ke dalam komputer mereka dengan mengeklik tombol atau link pada jendela pop-up yang muncul ketika browsing atau menginstal software hasil download yang dapat menyusupkan pembajak ke dalam hardisk. Jangan membabi buta mengklik link yang terdapat didalam email dan jangan pernah mengeklik dimanapun pada iklan pop-up (Anda dapat menekan tombol CTRL+W untuk menutup jendela pop-up tanpa perlu mengeklik untuk menutup jendela tersebut. Waspadai juga jendela pop-up yang ditampil seolah-olah seperti peringatan dari Windows yang sebenarnya hanyalah samaran agar Anda mengeklik tombol pada jendela tersebut, sehingga tanpa disadari Anda telah men-download file-file yang akan diinstal oleh pembajak ke dalam komputer Anda.

Pembahasan browser kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren