Carter Mobil

carter mobil

Sabtu, 07 Desember 2013

troubleshooting komputer - komputer lambat



troubleshooting komputer


troubleshooting komputer - komputer lambat

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.


Cara Mengatasi Ketika… Komputer Start Dengan Lambat

Komputer yang booting secara lambat menjadi penyebab utama keluhan yang dialami pengguna, yang terjadi hanya lambat dan lambat. Komputer yang normal memerlukan waktu satu menit mulai dari menekan tombol power sampai menjalankan sebuah program, walaupun 60 detik masih terasa cukup lama. Komputer yang memerlukan waktu sedikit lebih lama biasanya hanya mengalami masalah kecil (atau mungkin komputer sudah cukup tua), tetapi komputer yang memerlukan waktu empat atau lima menit (atau lebih!) hanya untuk booting saja, maka dipastikan komputer tersebut mengalami satu masalah atau lebih yang memerlukan perhatian Anda.

Masalah booting yang lambat ada kaitannya dengan software; khususnya, ada banyak software yang berjalan secara otomatis ketika komputer booting, tetapi hal ini bukanlah masalah yang perlu Anda atasi terlebih dahulu. Anda harus memeriksa masalah hardware terlebih dahulu. Setelah itu periksa spyware dan virus, karena masalah-masalah ini dapat merusak pembersihan software yang paling berat sekalipun. Jika Anda merasa komputer booting lebih lama setelah penambahan hardware atau software, Anda setidaknya sudah mengetahui akar permasalahannya.
Yang terakhir, meskipun terdapat suatu masalah besar yang menjadi penghambat, waktu booting yang lama biasanya merupakan hasil akumulasi berbagai hambatan kecil dan ketidakefisienan. Komputer booting melalui sederatan langkah-langkah yang banyak sekali, jadi kemungkinan untuk menghemat 60 detik dengan melenyapkan 10 kali penundaan selama 6 detik.
  • Pemeriksaan Hardware Dasar
Wajar jika komputer melambat karena salah satu atau beberapa komponennya tidak bekerja, dan booting yang lambat mungkin menjadi satu-satunya gejala yang bisa dirasakan. Untunglah, pengujian dan pemeriksaan sejelas-jelasny cukup mudah dilakukan.
Pertama, tarik nafas dalam-dalam, buka penutup komputer (anggap saja ini bukan laptop), dan nyalakan. Periksa semua kipas dalam keadaan berputar. Beberapa jenis kipas sensitif terhadap suhu dan tidak akan mempercepat putarannya (atau untuk sekedar berputar) sampai temperaturnya cukup hangat, jadi tunggu sampai kipas benar-benar berputar untuk beberapa saat. Catat kalau ada kipas yang mati; minta bantuan teknisi untuk menggantinya, atau kalau Anda mengetahui caranya, Anda dapat melakukannya sendiri.

Selanjutnya, matikan komputer dan perhatikan baik-baik pada heatsink (penyerap panas) CPU. (Anda mungkin harus melepas penutup plastik yang melingkupi CPU). Apabila terdapat debu dan kotoran, bersihkan dengan penyemprot udara kalengan (tersedia di toko-toko komputer/elektronik) atau menggunakan sikat kecil. Hal ini berguna agar CPU dapat mendinginkan dirinya dengan baik, karena sebagian besar CPU modern akan melambat jika terlalu panas. Dan kecepatan menurun dapat berperan pada proses booting yang lebih lambat.

Batas-batas kerja CPU, hardisk, dan modul memori dapat juga memprlambat proses booting, khususnya ketika komponen yang gagal tetap “tampak sedang bekerja”. Misalnya hardisk yang gagal akhirnya mungkin dapat bekrja setelah 10 kali percobaan membaca dari dalam hardisk dan Windows mungkin terus mencoba menggunakan hardisk yang gagal tersebut beberapa kali sampai akhirnya menyerah.

Untunglah, kami merekomendasikan CD bootable gratis yang disebut Ultimate Boot CD. Yang dapat didownload di www.ultimatebootcd.com. CD ini memiliki banyak sekali tes umum untuk CPU, memori, dan termasuk semua pengujian hardware produsen hardisk utama. Dan karena CD tersebut dapat untuk melakukan booting, maka Anda tidak perlu memuat Windows (dan lagipula, memuat Windows hanya akan menjadi masalah) untuk menjalankan pengujian hardisk. Anda dapat menjalankan seluruh tes CPU ini hanya dalam beberapa menit, tetapi biarkanlah salah satu pengecek memori berjalan semalaman. Pengujian hardisk hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk melakukan pengecekan secara cepat, tetapi jika Anda dapat meluangkan satu malam saja, jalankan pengujian secara mendalam untuk hasil yang lebih baik.
Jika pemeriksaan hardware telah selesai, Anda dapat melanjutkan pengujian selanjutnya.

Pembahasan komputer lambat kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren