Carter Mobil

carter mobil

Sabtu, 21 Desember 2013

troubleshooting komputer - audio


troubleshooting komputer



troubleshooting komputer - audio

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.


Cara Mengatasi Ketika… Anda Bermasalah Dengan Audio

Sebagaimana komputer dan notebook berkembang menjadi perangkat untuk memainkan multimedia, suara yang berkualitas menjadi lebih penting. Namun banyak masalah audio komputer dapat timbul kapan saja. Permasalahan audio dapat saja timbul dari perangkat keras dan perangkat lunak, dan Anda dapat menelusuri kembali permasalahan ini ke dalam kode pengoperasian mendasar komputer Anda, yaitu BIOS (Basic Input/Output) System). Jika audio komputer tidak menghasilkan suara dengan baik atau tidak mengeluarkan suara sama sekali, cobalah untuk membaca dasar-dasar troubleshooting audio berikut ini.
  • Ketika Diam Bukan Lagi Emas
Masalah audio yang paling membingungkan adalah ketika tidak ada suara sama sekali. Untunglah ada banyak penjelasan mengenai masalah ini, mulai dari yang sederhana sampai pada yang membutuhkan pengetahuan teknis.
Pertama-tama, periksa hardware: pastikan Anda telah menghubungkan speaker ke output audio komputer dan perangkat ini telah terhubung ke sumber arus listrik. Kebanyakan speaker eksternal memerlukan sumber listrik sendiri. Setelah Anda menyalakan komputer, speaker tidak akan menyala sampai Anda menyalakannya secara manual. Pastikan juga untuk menaikkan volume ke level yang terdengar. Hal ini terdengar sangat merepotkan, tapi menurut pengalaman kami, kita dapat menelusuri masalah-masalah “tanpa suara” menjadi sangat sederhana.


Selanjutnya, periksa untuk memastikan Windows dapat mengenali hardware audio. Klik menu start, pilih settings dan klik Control Panel. Di dalam jendela Control Panel, klik dua kali ikon System. Di dalam jendela System Properties, klik tab Hardware dan kemudian dibawah Device Manager, klik tombol Device Manager. Jendela ini menampilkan daftar hardware dan driver yang membuat hardware dapat bekerja dengan Windows. Klik dua kali Sound, Video and Game Controllers untuk memastikan tidak ada perangkat audio yang memiliki label X merah. Jika ada label X merah, hal ini menandakan bahwa komputer dapat mengenali hardware audio tetapi driver tidak terinstal dengan baik. Dalam hal ini, Anda perlu menginstal ulang driver pengontrol audio. Untuk melakukan hal ini, silahkan baca “Dasar-dasar Troubleshooting: sound card”.


Apabila semua perangkat keras beroperasi dengan baik dan Anda tetap tidak mendengar apapun, maka Anda perlu memeriksa setting volume di dalam Windows XP. Pertama-tama, jalankan Windows Media Player (atau pemutar musik pilihan Anda) dan cobalah memainkan sebuah lagu sehingga ada arus suara konstan untuk uji coba. Klik menu Start, pilih Settings, lalu klik Control Panel. Di dalam jendela Control Panel, klik dua kali Sounds and Audio Devices. Di dalam jendela Sounds and Audio Devices Properties dibawah Device Volume, perhatikan apakah ada tanda centang didalam kotak mute; jika ada, klik kotak tersebut untuk menghilangkan tanda centang. Masih di area yang sama, pindahkan setting Device Volume menjadi High. Jika hal ini tidak berhasil, klik tombol Advanced yang ada di area ini. di dalam jendela Play Control,Anda akan melihat slider-slider yang berbeda yang mengontrol channel audio yang beragam. Slider Play Control (paling kiri) untuk mengatur keseluruhan level output, sedangkan slider-slider yang lain mengatur output untuk jenis-jenis audio tertentu. Hampir semua efek-efek suara Windows dan media pemutar keluar melalui channel Wave, dan CD dimainkan melalui channel CD Player. Pastikan tidak ada tanda centang di dalam kotak cek channel-channel ini dan atur posisi slider kurang lebih di posisi 70% (satu atau dua tingkat dari posisi tertinggi).


troubleshooting komputer
Semua suara terdengar seolah dari satu channel output, tetapi audio komputer terdiri dari banyak channel-channel yang memungkinkan terjadinya masalah.

Jika hal ini tidak berhasil, pastikan komputer dan speaker telah terhubung. Di dalam jendela Sounds and Audio Devices Properties, klik tombol Advanced di dalam kotak speaker settings. Di dalam tab speaker, apabila dibagian Speaker Setup menyatakan No Speaker, maka komputer tidak mengontrol suara menuju channel output. Klik panah drop-down untuk memilih driver yang cocok dengan konfigurasi speaker, kemudian klik OK.
  • Terdengarkah Sekarang?
Membuat microphone bekerja dengan baik pada sebuah komputer dapat menjadi hal yang merepotkan. Pada awalnya, sinyal microphone masuk ke dalam komputer melalui salah satu dari beberapa channel. Untuk memastikan semua channel dalam keadaan terbuka, kembalilah ke menu Sound and Audio Devices Properties melalui Control Panel (baca langkah-langkahnya di atas). Klik tab Volume dan tombol Advanced di bagian Device Volume. Didalam jendela Play Control, klik menu Options dan pastikan klik kotak cek Advanced Controls agar Anda dapat melihat semua channel yang tersedia. Selanjutnya klik menu Options, klik Properties. Didalam jendela Properties dibawah Adjust Volume For, pilih Recording. Dibawah Show The Following Volume Controls, klik kotak cek pada semua kotak yang tersedia dan klik OK. Sekarang semua channel recording akan tampil dari hardware microphone. Apabila microphone atau headset menggunakan channel microphone atau Line-in, pastikan tiap-tiap level volume berada di posisi 70%. Lagi, didalam jendela Play Control klik Options, Properties, dan kali ini pilih Playback dan klik semua kotak cek dibawah Show The Following Volume Controls. Klik OK untuk melihat semua channel playback yang tersedia. Pastikan untuk mengatur semua level volume pada posisi 70%. Pada beberapa konfigurasi, Anda mungkin mengalami masalah perekaman dari microphone atau headset jika channel Line-In atau Microphone dalam keadaan Mute. Jika ini yang terjadi, cukup kosongkan kotak cek Mute pada setiap channel dan cobalah untuk merekam audio kembali.
troubleshooting komputer

Windows memiliki Sound Hardware Test Wizard yang akan memandu Anda mengatasi masalah-masalah perekaman.

Cara paling efektif untuk menyeting input audio adalah melalui Sound Hardware Test Wizard yang tersembunyi di dalam WinXP. Pertama-tama, koneksikan microphone atau headset ke input line-in atau microphone pada komputer. Buka jendela Sound and Audio Properties dan klik tab Voice. Dibawah Voice Recording, klik tombol Test Hardware, dan selanjutnya Windows akan memulai panduan langkah demi langkah yang akan memandu Anda mengatasi masalah channel input suara dan kemudian mengatur level yang dapat untuk memainkan suara yang dapat diterima.
Dapatkah Komputer Seperti CD Player?
Ya, Anda mungkin menginginkan komputer memainkan CD sebaik CD player, tetapi kompter tidak selalu dapat bekerja seperti itu. Apabila Anda menginginkan CD musik koleksi Anda langsung dimainkan begitu dimasukkan ke dalam komputer dan menggunakan aplikasi pemutar musik favorit Anda, klik dua kali ikon My Computer pada desktop. Klik kanan pada drive optik dan pilih properties dari meny drop-down. Di dalam jendela drive CD, klik tab AutoPlay dan panah menu drop-down untuk memilih musik CD.. dibawah Actions, klik tombol radio Select An Action To Perform. Daftar dibawah menampilkan aksi-aksi yang akan dilakukan Windows ketika Anda memasukkan CD. Seleksi pilihan Anda dan klik OK untuk mengaktifkannya.

Apabila CD telah dimainkan tetapi Anda tidak mendengar suara apapun, coba buka jendela Sounds and Audio Device Properties dari Control Panel. Klik tombol Advanced dibawah Device Volume dan periksa untuk memastikan slider volume CD Player ada di posisi 70% dan kotak cek Mute dalam keadaan kosong.

Cara lain yang perlu dicoba pada komputer lama adalah dengan memeriksa drive CD apakah memiliki pengatur volume dibawah tempat CD. Jika ada, atur volume agar berada dibawah posisi maksimum dan lihat apakah ada suara yang terdengar.

Pembahasan audio kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren