Carter Mobil

carter mobil

Sabtu, 23 November 2013

troubleshooting komputer - sistem


troubleshooting komputer


troubleshooting komputer - sistem

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.



Ketika Sistem Hang

Salah satu masalah Windows yang paling biasa dihadapi adalah ketika Anda mematikan komputer dan prosesnya memerlukan waktu yang lebih lama. Sistem operasi terdiri dari sekumpulan program-program kecil; oleh karena itu komputer harus mengakhiri tiap-tiap program selama proses shutdown. Adanya kelainan pada salah satu program saja dapat memperpanjang waktu shutdown atau menyebabkan proses tersebut gagal.

Lambat setelah instalasi program baru. Jika Anda mengalami shutdown yang lambat dan sebelumnya Anda baru saja menginstal aplikasi baru, maka kemungkinan aplikasi baru tersebut yang menjadi penyebabnya. Cobalah untuk menguninstal program yang terakhir diinstal terlebih dahulu. Pada Windows program terakhir yang Anda instal tampak pada deretan terbawah pada daftar aplikasi menu Start. Kecuali kalau Anda telah mengubah urutannya berdasarkan nama. Maka Anda perlu mencarinya terlebih dahulu.

troubleshooting komputer

Untuk mengetahui program apa yang terakhir Anda instal, cek menu. Start. Program terakhir yang Anda instal akan tampak dideretan paling bawah menu Start, kecuali Anda telah mengurutkannya berdasarkan nama.

Untuk menguninstal suatu program, Anda dapat menggunakan fitur uninstal dari aplikasi tersebut (terdapat pada folder aplikasi masing-masing didalam menu Start) atau menggunakan fasilitas Add or Remove Programs (klik Start, pilih Control Panel, dan klik dua kali Add or Remove Programs). Setelah menghapus program tadi, restart komputer dan coba shutdown kembali. Jika komputer dapat shutdown dengan baik, maka program tadi yang menjadi penyebabnya. Harap diingat: sebelum Anda meng-uninstal aplikasi yang dicurigai, mungkin Anda perlu mengecek website pembuat program tadi untuk mendapatkan update yang mungkin disediakan agar program tersebut dapat berjalan dengan baik.

Masalah timbul setelah Update. Ketika Anda mengawali prosedur shutdown Windows dari menu Start, Windows mungkin meminta Anda melakukan sesuatu ketika suatu aplikasi mengalami masalah atau gagal merespon. Ketika hal ini terjadi, Windows menghentikan proses shutdown sampai Anda mengizinkan Windows untuk menghentikan aplikasi yang tidak merespon tersebut. Untunglah ada jalan keluar sementara untuk masalah ini. dengan membuat sedikit penyesuaian pada Registry Windows, Anda dapat memerintahkan WinXP untuk menutup secara otomatis aplikasi bermasalah tersebut. Sebelum melakukan perubahan pada Registry. Anda perlu memback up sistem untuk berjaga-jaga kalau Anda ingin mengembalikan ke keadaan semula. Penjelasan lengkap untuk memback up Registry bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Microsoft Help and Support di support.microsoft.com/kb/322756.
Setelah Anda membuat back-up, buka menu Start, klik Run, ketikkan regedit di dalam kotak teks Open, lalu klik OK.

Di dalam Registry Editor, cari HKEY_CURRENT_USER\CONTROL PANEL\DESKTOP.

Klik dua kali AutoEndTasks di panel sebelah kanan, ketikkan 1 didalam Value Data, lalu klik OK. Tutup Registry Editor dan Restart komputer. Sekarang ketika Anda shutdown komputer, WinXP dapat menutup aplikasi yang hang, tanpa perlu meminta Anda melakukan apapun selama proses ini.
Jika Anda mengalami masalah shutdown setelah menginstal update, driver baru, atau software, biasanya Anda dapat kembali ke kondisi komputer sebelum di update dengan menggunakan System Restore. Buka menu Start; pilih All Programs, Accessories, dan System Tools kemudian klik System Restore.

Secara default WinXP mengalokasikan cukup besar area pada hardisk untuk System Restore (sekitar 200MB). Setelah menarik kembali ke titik restore, start dan shutdown komputer Anda satu atau dua kali untuk konfirmasi kalau masalah shutdown telah diperbaiki. Hal penting yang perlu dicatat bahwa System Restore bukanlah pengganti untuk menguninstal program. Oleh karena itu, Anda perlu meng-uninstal aplikasi yang bermasalah seperti yang telah kami jelaskan.

Masalah sistem muncul setelah penambahan profil baru. Baru-baru ini Anda menambahkan sebuah profil baru pada komputer Anda untuk satu anggota keluarga dan sekarang sistem Anda hang ketika log off atau ketika Anda men-shutdown sistem. Alasan terbesar untuk masalah ini bahwa Windows tidak mampu untuk menurunkan profil pengguna karena proses-proses dan/atau aplikasi sistem kadang-kadang mempertahankan koneksi ke registry didalam profil pengguna bahkan setelah pengguna tersebut log off. Download center buatan Microsoft (www.microsoft.com/downloads) menyediakan User Profile Hive Cleanup Service, perangkat gratis yang membersihkan profil pengguna, dan secara khusus dirancang untuk memastikan sesi pengguna benar-benar diakhiri setelah pengguna log off.

Shutdown lambat terjad karena mengaktifkan opsi Clear Pagefile On System Shutdown. Memang benar dengan membersihkan pagefile pada sistem shutdown akan menghapus semua data yang tersimpan disana sehingga pengguna lain tidak dapat memulihkannya kembali, dengan melakukan ini tentu saja akan memperpanjang waktu shutdown. Pagefile bekerja sebagai memori virtual didalam WinXP dan kadang-kadang dapat berkembang menjadi sangat besar. Karena beberapa aplikasi pihak ketiga dapat memanfaatkan pagefile untuk menyimpan informasi penting didalam memori virtual, sebagian orang mengeset mesin mereka untuk menghapus pagefile ketika shutdown.

Jika Anda merasa sistem berjalan lambat setelah Anda mengaktifkan opsi Clear Pagefile, Anda dapat menyiasati Registry agar semuanya berjalan lancar. Back-up sistem terlebih dahulu. Kemudian buka Registry Editor dan cari 

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CURRENTCONTROLSET\CONTROL\SESSIONMANAGER\MEMORY MANAGEMENT.

Klik dua kali ClearPageFileAtShutdown dipanel sebelah kanan dan ganti Value Data menjadi 0.

Pembahasan sistem kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren