Carter Mobil

carter mobil

Jumat, 04 Oktober 2013

troubleshooting komputer - update driver


troubleshooting komputer



troubleshooting komputer - update driver

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.

Langkah-langkah Umum Troubleshooting

Ketika Anda mencurigai hardisk mengalami masalah, sebelum Anda melakukan hal yang lain, buka penutup komputer dan pastikan bahwa power dan kabel data (kedua-duanya) telah terpasang dengan benar. Back up data pribadi Anda ke hardisk lain, DVD, atau CD. Hindari mengganti data lama dengan data yang baru jika itu satu-satunya salinan data Anda untuk berjaga-jaga siapa tahu data baru tersebut korup.

Selanjutnya, update driver pengontrol siapa tahu ada perbaikan yang Anda perlukan. Jika Anda telah menyatukan hardisk ke dalam RAID, pastikan Anda men-download dan menginstal driver RAID yang sesuai.

  • Pemindaian untuk menemukan masalah
Di dalam Windows Explorer (klik kanan Start dan pilih Explore), klik kanan pada salah satu partisi hardisk Anda, misalnya C:. Pilih Properties, tab tools, dan Check Now di bawah Error checking. Klik kedua opsi kotak cek untuk mengaktifkan pemindaian yang menyeluruh pada hardisk Anda, termasuk setiap bit permukaan hardisk. Terakhir, klik Start. Pemindaian pada drive C: mungkin memerlukan reboot.

Jika pemindaian mengalami masalah pada hardisk, atau Windows berjalan aneh atau tidak sama sekali, restart komputer dan masuk ke dalam seting BIOS (Basic Input/Output System), biasanya dengan menekan tombol DELETE atau ESC ketika proses booting. Aktifkan SMART (Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology), jika hardisk Anda mendukung fitur ini. Seting ini mungkin ada di beberapa tempat di BIOS, tetapi biasanya ada di dalam menu-menu yang ada kaitannya dengan seting hardisk, SATA, dan atau IDE. Simpan perubahan dan keluar dari BIOS.


Selanjutnya, gunakan komputer lain untuk mendownload Seagate Sea Tools (www.seagate.com/support/seatools) dan instal pada CD-R atau disket. Booting ke dalam komputer dengan SeaTools di dalam CD atau disket. Gunakan mouse PS/2 (Personal System/2) bukan mouse USB agar ketika Anda menjelajahi SeaTools tidak perlu menggunakan tombol TAB, Spacebar, tombol panah, dan kombinasi tombol ALT + tombol-tombol tertentu, seperti misalnya ALT+N untuk Next. Setelah aplikasi dijalankan, jalankan pemindaian menyeluruh pada hardisk yang dicurigai. Klik View Report untuk mengetahui hasilnya. Bila ada masalah akan ditunjukkan dengan ikon lingkaran berwarna kuning atau merah.


Jika ada sektor-sektor yang rusak pada hardisk, maka Anda telah kehilangan file-file yang tersimpan di sektor-sektor tersebut. SeaTools akan menawarkan untuk menandai sektor-sektor yang rusak dengan cara menghapus data yang tersimpan disana dan juga akan meminta hardisk untuk memetakan area-area yang rusak agar tidak digunakan lagi. Terima penawaran tersebut dan lanjutkan dengan pemindaian yang lain. Setelah hardisk dinyatakan sehat, keluarkan CD atau disket SeaTools dan restart komputer.


troubleshooting komputer

Jika keluhan Anda hanya karena suara hardisk yang berisik, Anda dapat membeli model hardisk dengan decibel rendah. Seagate menawarkan beberapa model hardisk yang tidak berisik.



Pembahasan update driver kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren