Carter Mobil

carter mobil

Kamis, 03 Oktober 2013

troubleshooting komputer - hardisk komputer


troubleshooting komputer


troubleshooting komputer - hardisk komputer

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.


Dasar-dasar Troubleshooting… Hardisk

Hardisk komputer mempengaruhi hampir semua yang dilakukan komputer Anda. Hardisk menyimpan sistem operasi, aplikasi-aplikasi, games, dan file-pile pribadi Anda. Jika hardisk “lupa” beberapa bit saja dari data Anda, maka Anda akan mengalami error, hang, dan kemungkinan hilangnya dokumen-dokumen atau foto-foto yang belum sempat Anda backup sebelumnya.

Sebagai tambahan, komputer mengakses hardisk jauh lebih sering dibandingkan drive CD/DVD yang lambat atau koneksi internet. Logikanya adalah hardisk merupakan penghambat utama komputer Anda, karena hardisk merupakan perangkat gerak-data terlambat yang biasa diakses sistem. Jika hardisk melambat, keseluruhan sistem menjadi kurang responsif dan tidak lagi menyenangkan untuk digunakan. Dan jika hardisk rusak, maka tidak ada lagi yang berfungsi.


Pembahasan ini akan menyelidiki ke dalam dasar-dasar troubleshooting perangkat penyimpan ini. Kami akan mencakup solusi-solusi berbagai masalah umum untuk hardisk tunggal (non-RAID [redundant array of independent disks]), begitu juga untuk masalah yang tidak begitu umum.

  • Mencatat identitas
Sebelum Anda mulai mencari suatu masalah yang ada, catat terlebih dahulu nomor seri dari bagian-bagian yang terdapat didalamnya, seperti hardisk dan kartu  atau chip pengontrol. Anda mungkin dapat mencatat identitas semua bagian ini tanpa perlu membuka penutup komputer. Jika komputer Anda menggunakan kartu pengontrol dan bukan pengontrol yang menyatu dengan motherboard untuk menjalankan hardisk, maka Anda perlu membuka penutup komputer untuk memeriksa merk dan nomor serinya.

Di dalam Device Manager (klik My Computer, pilih Properties, dan klik tab Hardware), lihat dibawah Disk drives untuk nomor seri hardisk Anda, misalnya HTS 548040M9AT00. Pencarian melalui Google menggunakan kata kunci ini akan mengarahkan Anda ke website produsennya dan identitas hardisk tersebut, misalnya Travelstar 5K80.


troubleshooting komputer
Setelah Anda memasukkan kata kunci nomor seri hardisk Anda, Google akan menemukan nama hardisk Anda dan spesifikasinya.

Hardisk desktop kelas konsumen memiliki beberapa macam tampilan seperti IDE (Integrated drive Electronics) disebut juga ATA (Advanced Technology Attachment), PATA (Parallel ATA), EIDE (Enhanced IDE), atau DMA (Direct Memory Access) atau SATA (Serial ATA). Hardisk IDE mudah dikenali karena memiliki kabel pita yang lebar sedangkan hardisk SATA memiliki kabel kecil. Di dalam Device Manager, lihat dibawah IDE ATA/ATAPI Controllers untuk mengetahui nama chip pengontrol IDE atau SATA. Jika ada sebuah kartu tambahan menangani aliran data ke hardisk (kabel data hardisk terhubung ke sebuah kartu, bukan motherboard), mungkin hardisk akan tercatat di bawah daftar SCSI and RAID.

troubleshooting komputer
Device Manager memberi tahu Anda nomor seri hardisk dan pengontrol, yang sangat penting untuk informasi troubleshooting.


Pembahasan hardisk komputer kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren