Carter Mobil

carter mobil

Jumat, 06 September 2013

troubleshooting komputer - processor baru



troubleshooting komputer


troubleshooting komputer - processor baru

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.

Masalah:
Saya baru saja memasang processor baru. Sekarang komputer saya berjalan lambat.

  • Solusi:
Pasang ulang processor di dalam socket CPU motherboard. Apakah Anda memasang CPU baru atau heatsink baru, kemungkinan Anda tidak memasang processor dengan benar. Masalah ini mempengaruhi baik CPU yang memiliki pin dan CPU yang tidak memiliki pin; jika processor terpasang dengan posisi yang agak miring, heatsink tidak akan sejajar dengan rangka pelindung CPU. Kalau terdapat celah antara processor atau heatsink. Meskipun kecil, akan mengurangi kemampuan heatsink untuk mendinginkan CPU.

Lepaskan heatsink dan kemudian periksa CPU dan socketnya. Meskipun socket-socket motherboard bermacam-macam, sebagian besar memiliki mekanisme yang sama untuk mengunci processor dengan mantap ke dalam socketnya. Angkat pengaitnya dan kemudian tekan sisi-sisi processor dengan hati-hati agar posisinya sejajar dengan socket. Selanjutnya, kaitkan kembali pengaitnya, sesuai dengan petunjuk motherboard Anda. Pastikan untuk memasang pengait dengan hati-hati agar tidak menyentak CPU keluar dari tempatnya.

Selanjutnya, Anda perlu membersihkan pasta thermal dari sisi atas CPU dan sisi bawah heatsink. Untuk membersihkan pasta thermal yang lama, teteskan alkohol pada kain kering dan kemudian gosokkan pelan-pelan pada CPU dan heatsink. Setelah alkohol mengering, Anda dapat mengoleskan pasta thermal baru (ikuti petunjuk penggunaan pasta thermal untuk memastikan Anda cukup mengoleskannya).


Jika heatsink lama Anda menggunakan blok thermal, bukan pasta thermal, pertimbangkan untuk membeli heatsink yang baru: setelah blok thermal melunak (karena panas CPU), blok thermal akan mengisi lubang-lubang mikro heatsink. Membuang blok thermal bekas secara menyeluruh lebih sulit untuk dilakukan daripada membuat pasta thermal bekas.


Terakhir, pasang kembali heatsink sesuai dengan petunjuknya. Pastikan heatsink sejajar dengan processor. Sebelum Anda menyalakan sistem, cek apakah kabel power kipas heatsink telah tersambung dengan konektor motherboard (heatsink tidak begitu berguna jika kipas tidak berputar untuk membuang panas). Jika komputer tetap berjalan lambat, CPU bukanlah penyebabnya.

Pembahasan processor baru kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren