Carter Mobil

carter mobil

Senin, 09 September 2013

troubleshooting komputer - power supply


troubleshooting komputer


troubleshooting komputer - power supply

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.


Dasar-dasar Troubleshooting… Power Supply

Banyak pemakai komputer yang tidak pernah mengetahui apa itu PSU (Power Supply Unit) sampai mereka bermasalah dengan salah satunya. Sepanjang waktu power supply bekerja baik-baik saja, itulah mengapa banyak pengguna yang tidak peduli apakah ada power supply di dalam komputer mereka. Jika komputer Anda tiba-tiba berhenti bekerja, mulai menampilkan error-error, atau shutdown secara tidak menentu (biasanya setelah memasang perangkat baru), PSU seharusnya menjadi tersangka utama dalam daftar.

Secara teknis, apa yang kita sebut power supply sebenarnya adalah sebuah trafo pengubah. Mengubah arus AC (alternating current) menjadi DC (direct current). Power supply juga mengubah tegangan dari 110 volt menjadi 12V, 5V, dan 3,3V untuk menjalankan CPU, hardisk, dan perangkat lainnya.

Alih-alih menggunakan adaptor hitam di tengah kabel power seperti notebook atau hardisk eksternal, komputer menyimpan power supply di dalam casingnya. Perangkat inilah tempat berhubungnya kabel power utama. Pada casing tower, biasanya power supply terletak di sisi atas belakang casing. Power supply berbentuk kotak logam, dengan lebar kurang lebih 6 inchi, tinggi 3,5 inchi, dan panjang beberapa inchi. Di bagian depannya terdapat banyak sekali kabel-kabel yang menjuntai. Kebanyakan PSU memiliki satu atau lebih kipas yang mengalirkan udara panas ke belakang komputer.


troubleshooting komputer
Sebuah power supply yang biasa tampak seperti kotak logam dengan kabel-kabel yang menjuntai dari salah satu sisi.

troubleshooting komputer
Komputer dengan casing berbentuk tower memiliki power supply yang terletak di sisi atas belakang casing komputer.


Pembahasan power supply kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren