Carter Mobil

carter mobil

Sabtu, 07 September 2013

troubleshooting komputer - crash


troubleshooting komputer


troubleshooting komputer - crash

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.

Masalah:
Komputer kadang-kadang crash atau menunjukkan perilaku ganjil lainnya.

  • Solusi:
Cek dan perbaiki masalah panas yang berlebih. Panas adalah musuh terburuk komputer Anda, tidak peduli Anda tinggal di iklim yang panas atau sedang. Jika komputer Anda tidak dilengkapi dengan aliran udara yang kuat, komponen-komponen yang rentan seperti hardisk, kartu grafis, dan CPU, akan berjalan lambat atau tidak menentu. Meskipun CPU modern memiliki perlindungan yang lebih baik terhadap panas dibandingkan model lama (sebagian besar processor jenis baru memiliki pelindung panas yang menutupi processor dengan kuat dan membantu mendistribusikan panas dengan cepat ke heatsink komputer), semua jenis processor akan menderita ketika suhunya terlalu tinggi. Kami akan menunjukkan bagaimana mengidentifikasi masalah-masalah panas.


  • Langkah 1:
Cek temperatur CPU melalui BIOS (Basic Input/Output System). Motherboard dilengkapi dengan fitur terintegrasi yang dapat menentukan temperatur processor. Meskipun produsen CPU menawarkan temperatur maksimal untuk jenis processor individu, Anda dapat berharap CPU Anda beroperasi secara efisien pada kisaran suhu 40-450 oC. untuk mengecek temperatur CPU Anda, tekan DELETE ketika komputer booting untuk memasuki BIOS. Setelah BIOS tampil, gunakan tombol panah untuk mencari bagian Status atau Health, yang menampilkan temperatur CPU Anda.


  • Langkah 2:
Cek heatsink atau kipas CPU. Logam heatsink processor dengan cepat menarik panas dari CPU. Kipas, yang terpasang di atas heatsink, mengalirkan udara dingin ke dalam sirip-sirip heatsink untuk membuang panasnya. Jika kabel power kipas heatsink terlepas dari motherboard, kipas tidak akan berputar dan processor dengan cepat akan kepanasan. Pastikan konektor power kipas heatsink terpasang ke pada konektor motherboard yang memiliki tanda CPU, dan kemudian nyalakan komputer tanpa perlu memasang penutup komputer agar Anda dapat memastikan kipas berputar.


troubleshooting komputer
Cek ricek konektor motherboard untuk kipas heatsink sebelum menyalakan komputer jika Anda baru-baru ini memindahkan komputer atau melakukan perawatan di dalam casing.
  • Langkah 3:

Bersihkan komputer Anda dari debu. Meskipun komputer yang berdiri diatas lantai akan menyedot lebih banyak kotoran dan bulu binatang dari pada komputer yang ada diatas meja, komputer Anda mudah saja diliputi debu tidak peduli ada dimana. Debu menyelimuti komponen-komponen dan menahan panasnya, mengurangi keefektifan kipas komputer Anda. Bicara mengenai kipas-kipas ini, banyak komputer dilengkapi dengan penyaring yang terpasang diantara kipas sebelah depan dan panel depan komputer. 
Jika Anda belum membersihkan penyaring ini (Anda dapat menariknya dari sisi bawah panel depan), kotoran yang melekat pada penyaring dapat menyebabkan masalah aliran udara. Gunakan penyemprot udara untuk membersihkan sistem Anda; pastikan untuk menyemprot celah-celah diantara sirip-sirip heatsink CPU.


  • Langkah 4:
Cek aliran udara sistem Anda. Meskipun komputer yang bagus terkadang memiliki sistem pendingin yang eksotis, seperti misalnya kipas yang dirancang khusus atau pendingin yang menggunakan air, sebagian besar komputer memiliki standar pendingin: satu atau dua kipas penerima di bagian bawah-depan komputer menyedot udara dingin melalui panel depan dan menekannya melalui hardisk dan ke dalam sistem. Kemudian kipas di bagian atas belakang casing menyedot udara dari dalam (termasuk udara panas dari heatsink CPU) dan membuangnya keluar melalui belakang komputer.
Pastikan kipas berfungsi dan kabel-kabel tidak menghalangi aliran udara dari depan sampai belakang komputer. Anda dapat menggunakan tali kabel plastik untuk mengikat kabel-kabel menjadi satu dan menjauhkan kabel-kabel tersebut dari tengah komputer.

Pembahasan crash kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren