Carter Mobil

carter mobil

Jumat, 20 September 2013

troubleshooting komputer - bekerja


troubleshooting komputer


troubleshooting komputer - bekerja

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.



Troubleshooting port Umum

Masalah:
Hardware bekerja jika ketika dihubungkan ke port USB/pararel/serial komputer yang lain, tetapi tidak bekerja pada komputer saya. Apa yang harus saya perbuat selanjutnya?

  • Solusi:
Jika menurut Anda penyebab yang mungkin bukan pada hardware, langkah selanjutnya adalah mengecek seting BIOS (Basic Input/Output System) komputer dan mengecek perlunya mengupgrade BIOS.

Untuk mengakses layar seting BIOS, tekan tombol atau kombinasi kunci ketika komputer start, sebelum Windows ditampilkan. Tombol yang biasanya ditekan adalah DELETE, ESC, dan tombol-tombol fungsi F. Jika Anda tidak yakin tombol mana yang harus ditekan untuk memasuki BIOS, baca pesan yang ditampilkan ketika sistem start. Dengan menekan tombol berulang-ulang akan membantu memastikan Anda menekan tombol tersebut disaat yang tepat.


Ketika layar seting BIOS muncul, hati-hati untuk tidak sembarangan mengubah seting tampilan layar menunjukkan bagaimana keluar dari seting BIOS tanpa menyimpan perubahan, jika diperlukan. Di saat Anda me-review informasi BIOS, cari dan catat versi BIOS tersebut. Anda dapat mengecek website produsen untuk mendapatkan petunjuk bagaimana mengupdate BIOS setelah Anda keluar dari seting BIOS.


Selanjutnya, cek seting BIOS untuk mencari port yang sedang Anda perbaiki. Seting port biasanya terletak didalam menu Advanced. Jika komputer Anda lebih baru, layar seting BIOS mungkin tidak menyertakan informasi port. Jika itu masalahnya, cukup keluar saja dari BIOS untuk melanjutkan start komputer.


Jika layar seting BIOS menyediakan pengaturan untuk port yang sedang Anda perbaiki, cek untuk memastikan port tersebut dalam keadaan aktif. Anda mungkin perlu mengaktifkan fitur-fitur tambahan, tergantung pada perangkat hardware yang ingin Anda hubungkan ke port tersebut. Sebagai contoh, jika Anda bekerja dengan sebuah port paralel untuk printer, mungkin Anda perlu mengaktifkan fitur dua arah di dalam BIOS. Mode ECP (Extended Capability Port) merupakan standart port paralel dua arah yang membolehkan printer jenis baru berkomunikasi dengan komputer dan sebaliknya. Cek dokumentasi komputer Anda untuk instruksinya.


Jika port tetap tidak berfungsi setelah Anda mengecek informasi BIOS, Anda dapat melanjutkan pada troubleshooting seting Windows melalui Device Manager. Untuk membuka Device Manager, klik kanan My Computer, klik Properties, klik tab Hardware, dan klik Device Manager. Untuk informasi port paralel dan serial, klik ports di dalam daftar yang ada dan buka Universal Serial Bus untuk permasalahan USB. (Catatan: Jika Anda menggunakan Windows 98/Me, cek artikel Microsoft Knowledge Base di support.microsoft.com/kb/133240/EN-US untuk informasi lengkap cara menggunakan Device Manager).


Di dalam Device Manager, cari pesan-pesan error atau simbol-simbol (seperti misalnya berupa tanda seru dengan lingkaran berwarna kuning) di sebelah pengontrol atau di dekat bagian-bagian daftar yang dibuka. Jika tidak ada pesan atau simbol yang muncul, cek tiap-tiap bagian di dalam daftar yang terbuka dengan klik kanan pada masing-masing bagian dan klik Properties. Cek kotak Device Status untuk menentukan apakah ada error berkaitan dengan perangkat tersebut. Jika ada, ikuti petunjuk yang disarankan.


Pembahasan bekerja kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren