Carter Mobil

carter mobil

Kamis, 29 Agustus 2013

troubleshooting komputer - RAM


troubleshooting komputer

troubleshooting komputer - RAM

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.


Dasar-dasar Troubleshooting… RAM

Ketika Anda booting sistem operasi Anda, atau menjalankan suatu aplikasi, komputer mengambil data dari hardisk dan menyimpan sebagian besar data tadi di dalam RAM, atau random access memory. RAM jauh lebih cepat dibandingkan dengan hardisk atau media penyimpan lainnya, sehingga RAM membuat sesi penggunaan komputer lebih responsif dan penggunaanya lebih produktif. Tetapi, jika ada kerusakan kecil saja pada chip silikon modul RAM, maka file yang tersimpan pada lokasi yang rusak akan menjadi korup. Akibatnya sistem operasi mengalami crash, membeku, atau melaporkan error-error.

Artikel ini menunjukkan kepada Anda bagaimana mengatasi permasalahan RAM dengan tips-tips pengujian universal begitu juga dengan solusi-solusi untuk masalah biasa terjadi. Untuk alasan kestabilan, kami akan menganggap Anda menjalankan RAM pada kecepatan, tegangan, dan spesifikasi waktu maksimalnya. Anda dapat menemukan spesifikasi dengan mencari nomor seri RAM pada situs produsennya, dan Anda dapat mengecek spesifikasi ini melalui seting bios.

  • Mencari Nomor Seri
Windows tidak akan memberitahu Anda merk dan nomor seri DIMM (Dual Inline Memory Module), jadi matikan saja komputer Anda dan buka penutup komputer. Lepaskan salah satu modul memori Anda dengan menekan penjepitnya ke arah luar modul. DIMM akan terangkat keluar dari slot-nya begitu Anda menarik penjepit memori. Semoga label pada chip modul atau logam penyebar panas dapat memberitahu Anda merk modul dan nomor serinya, seperti misalnya Corsair CMX256A-3200 C2. Kemungkinan ada beberapa penanda alfanumerik yang serupa, jadi bersiaplah untuk mencari tiap-tiap penanda pada website produsennya sampai Anda dapat memastikan yang mana nomor serinya. Jangan melihat pada angka-angka yang tercetak pada masing-masing chip memori, karena sebagian besar produsen DIMM membuat modul mereka menggunakan chip RAM dari pabrikan semikonduktor seperti Samsung.

Pembahasan RAM kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren