Carter Mobil

carter mobil

Sabtu, 03 Agustus 2013

troubleshooting komputer - modem dsl



troubleshooting komputer


troubleshooting komputer - modem dsl

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.



Dasar-dasar Troubleshooting… Modem DSL

Banyak yang harus dilihat, tetapi waktunya begitu sempit. Ini persoalan biasa bagi siapa-pun yang menjelajahi web, dimana Anda dapat menemukan situs-situs tentang semua hal dari yang serius sampai yang sederhana. Dengan DSL (Digital Subscriber Line), Anda dapat menemukan semua hal dengan cepat, kecuali ada masalah dengan modem DSL Anda.

Permasalahannya modem DSL yang biasa terjadi misalnya tidak dapat men-download, download lambat, atau download melesat pada detik pertama tetapi kemudian merayap di detik berikutnya. Lampu yang berkedip pada modem , error dengan kode-kode aneh, kabel longgar, dan masalah router juga dapat menyebabkan semuanya menjadi berantakan. (Router adalah perangkat yang terpasang di antara modem DSL Anda dan internet; perangkat ini dapat membagi koneksi internet dengan banyak komputer).
  • Dimana Memulainya?
Sebelum Anda dapat memperbaiki modem Anda, Anda perlu tahu jenis modem yang Anda miliki. Modem DSL tersedia dalam dua macam: Ethernet dan USB. Modem Ethernet terhubung ke komputer menggunakan kabel jaringan standar – biasanya berwarna biru – dengan steker RJ – 45. Untuk menggunakan sebuah modem Ethernet, Anda perlu memiliki sebuah komputer notebook atau komputer desktop dengan sebuah kartu jaringan, biasa disebut juga dengan adaptor jaringan. Sebaliknya, modem USB terhubung ke komputer melalui sebuah port USB, dna modem USB biasanya langsung terinstal di komputer. Beberapa modem juga menawarkan baik koneksi Ethernet dan USB.
Anda juga perlu mencatat informasi tentang produsen dan model modem, siapa tahu Anda perlu menghubungi produsennya. Informasi ini biasanya terdapat pada modem itu sendiri. Di sisi bawah modem Anda akan menemukan label yang mencantumkan nama produsen, model modem, dan nomor serinya.

Jika karena suatu alasan data-data ini tidak tersedia, Anda dapat mencari informasi ini pada buku panduan yang menyertai modem Anda, atau melalui Windows. Di dalam Windows XP, klik Start, klik kanan My Computer, dan klik Properties. Klik tab Hardware dan kemudian klik tombol Device Manager. Anda akan melihat daftar semua hardware yang terinstal di dalam sistem Anda. Klik tanda plus di depan Modems and Network Adapters untuk menemukan modem DSL Anda dan kemudian klik dua kali pada nama modem untuk mengetahui informasi selengkapnya.
  • Apa yang salah?!?
Jika Anda mengalami masalah koneksi, Anda akan menyadarinya seketika itu juga. Yang ingin Anda ketahui tentu saja penyebab masalah tersebut. Apakah modem Anda? Router? ISP (Internet Service Provider)? Bisa juga pada steker atau bahkan sebuah microwave atau telepon tanpa kabel jika Anda menggunakan jaringan Wi-Fi. (Microwave, telepon tanpa kabel, dan bahkan remote control dapat merusak sinyal Wi-Fi).
Tugas Anda yang pertama adalah mencari tahu apakah modem itu sendiri yang bermasalah atau perangkat yang lain, dan cara terbaik untuk mengetahuinya adalah melalui proses eliminasi. Jika Anda menggunakan router, jenis apapun, perhatikan baik-baik: apakah lampu yang menyala hijau, kuning, atau merah? Baca buku panduan penggunaan router untuk mengetahui maksud dari lampu-lampu ini, dan apakah ini mengindikasikan adanya masalah dengan sambungan DSL atau router. (kita akan mendiskusikan tentang lampu-lampu pada modem lebih jauh lagi).

Langkah selanjutnya lebih drastis, tetapi menentukan: putuskan koneksi router dan koneksikan modem DSL langsung ke stop kontak dinding. Untuk melakukannya, tentu saja Anda harus mematikan perangkat terlebih dahulu, pasang modem, dan konfigurasi ulang modem Anda. Tetapi jika Anda dapat browsing internet di saat modem DSL terhubung langsung ke sambungan DSL – bukan ketika terhubung melalui router – maka Anda tahu masalahnya ada pada router.

Karena DSL membagi sambungan telepon ke dalam channel suara dan data, Anda perlu menggunakan sebuah filter – alat plastik kecil yang Anda terima dari penyedia DSL ketika Anda mendaftar – pada semua perangkat yang terkoneksi ke sambungan telepon kecuali modem DSL itu sendiri. Perangkat seperti telepon, mesin faks, dan bahkan TiVo. Pastikan setiap perangkat memiliki filter sebelum Anda memusatkan perhatian pada modem.

Pembahasan modem dsl kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren