Carter Mobil

carter mobil

Kamis, 11 Juli 2013

troubleshooting komputer - tips laptop


troubleshooting komputer


troubleshooting komputer - tips laptop

Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.


Tips seputar laptop

Saat ini, laptop atau notebook bukan lagi merupakan barang mewah, so hampir semua kalangan mampu membeli dan mengoperasikannya. Tetapi banyak dari kita yang mungkin hanya bisa mengoperasikan laptop tapi kurang mengetahui bagaimana agar laptop bisa terawat dengan baik dan berumur panjang. Untuk itu dibawah ini akan saya sajikan beberapa tips yang dapat kalian praktekkan:
  • Keyboard laptop
Keyboard laptop gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, sisa-sisa roti, abu rokok atau debu. Tipsnya : ambil kuas kecil halus (biasanya kuas gambar) dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung kibor untuk mencegah kotoran.
  • Mengelap layar
Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan permukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.
  • Hindari panas matahari
Jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook. Jangan meletakkan laptop yang terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama juga.
  • Hindari goresan
Amankan benda-benda tajam dari sekitar notebook. Taruh lapisan pelindung di atas keyboard sebelum Anda menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Anda hendak berpergian, masukkan notebook pada wadah/tas yang telah tersedia.
  • Case laptop
Tangan yang kotor dan berminyak dapat menjadi penyebab case tidak lagi mengilat. Pakai deterjen non-zat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.
  • Menyimpan laptop
Bila Anda akan menyimpan notebook dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum/charge baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.
  • Hindari medan magnet
Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook. Peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook.
  • Gunakan fasilitas hibernate/standby
Untuk menghemat baterai, usahakan tidak sering menghidupkan dan mematikan laptop secara terus-menerus, karena daya baterai akan habis buat booting, hidupkan sekali saja, gunakan fasilitas Hibernate atau Stand By.

Pembahasan tips laptop kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren