Carter Mobil

carter mobil

Rabu, 17 Juli 2013

troubleshooting komputer - router


troubleshooting komputer


troubleshooting komputer - router
Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.


Dasar-dasar Troubleshooting… Router &Hub

Router atau hub merupakan landasan dari hampir semua jaringan rumah. Hub Ethernet, yang memiliki beberapa port Ethernet, memungkinkan pengguna berbagi folder dan file diantara semua komputer yang terhubung ke jaringan rumah. Router umumnya memiliki hub terintegrasi dan juga fitur-fitur yang memungkinkan berbagi koneksi internet broadband menggunakan komputer jaringan. Router biasanya juga dilengkapi dengan fitur-fitur lain, seperti misalnya konektivitas wireless dan firewall hardware yang dapat melindungi komputer Anda dari banyaknya ancaman digital yang ada di dunia maya.
Karena router merupakan pusat jaringan Anda, banyak masalah jaringan dapat ditelusuri pada router. Perangkat yang rusak, seting yang buruk, firmware usang, dan persoalan firewall semua ini dapat menyebabkan masalah pada jaringan Anda. Kami akan menunjukkan kepada Anda langkah-langkah troubleshooting router atau hub supaya Anda dapat menemukan dan memperbaiki masalah tersebut.
 

  • Mengetahui Model Router & Hub
Beberapa masalah/solusi di bawah ini mungkin akan mengharuskan Anda mengunjungi website produsen router atau hub untuk mendownload update produk tersebut. Untuk mendownload update yang tepat, Anda perlu mengetahui nama produsen dan nomor model perangkat Anda. Banyak router dan hub yang menyimpan nomor model di bagian depan panel dan informasi lainnya (seperti misalnya nomor seri) di sisi bawah perangkat tersebut.
  • Membedakan Masalah Router Atau Hub
Anda dapat menentukan apakah router yang menjadi sumber masalah dengan mengeliminasi perangkat jaringan lain sebagai sumber masalah. Keuntungannya adalah, semakin sedikit yang berpotensi menjadi penyebab masalah selain router Anda: koneksi dari ISP (Internet Service Provider) ke rumah Anda, modem broadband yang menerjemahkan data dari sambungan telepon atau kabel, atau kartu jaringan yang bermasalah. Anda dapat menentukan dua sumber masalah pertama dengan cukup mudah.
Untuk menentukan apakah masalah ada pada modem kabel, Anda perlu meresetnya. Jika modem kabel (atau DSL [Digital Subscriber Line]) Anda tidak memilik tombol reset, Anda dapat mereset dengan mencabut kabel power dari perangkat selama beberapa menit. Setelah kabel power dipasang kembali pada modem kabel, modem akan mencoba kembali koneksi ke ISP Anda.
Jika dengan mereset tidak meyelesaikan masalah, hubungi ISP Anda untuk meminta bantuan teknis. Perwakilan ISP akan memberitahu Anda jika koneksi internet sedang terputus di area Anda dan mereka dapat mengetes koneksi dari ISP ke modem Anda untuk memastikan modem bekerja dengan baik. Mereka juga dapat mengetes modem Anda dari jauh.

Setelah Anda memastikan bukan ISP atau modem yang menjadi masalah, putuskan koneksi komputer Anda dari router dan pasang kabel Ethernet komputer langsung pada modem. Pastikan untuk mengaktifkan software firewall sebelum mencoba tes ini, karena Anda akan melewati router (dan firewall hardware terintegrasinya) sepenuhnya. (Anda dapat menggunakan firewall terintegrasi Windows XP: Buka Control Panel, klik dua kali Windows Firewall, dan kemudian pilih tombol radio On.) Jika komputer Anda dapat terkoneksi ke internet, Anda dapat mencari masalahnya pada router. Jika komputer tetap tidak terkoneksi ke internet, Anda perlu melakukan troubleshooting pada komputer itu sendiri.


Pembahasan router kita lanjutkan, klik troubleshooting komputer untuk materi selanjutnya


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren