Carter Mobil

carter mobil

Selasa, 02 Juli 2013

panduan lengkap cara merakit komputer


cara merakit komputer


Biasanya orang mempercayakan perakitan komputer kepada teknisi atau toko komputer dan sering memasrahkan penggunaan hardware kepada mereka, padahal kita bisa memilih dan membeli berbagai hardware sesuai kebutuhan kita dan kita bisa pasang atau rakit sendiri menjadi satu pc, pada postingan ini saya akan memberikan tutorial cara merakit komputer agar sobat bisa merakit komputer secara mandiri, saya berikan penjelasan beserta gambar-gambarnya dan jika kurang jelas saya sudah menyiapkan video tutorial cara merakit komputer di akhir postingan ini.


Komponen-Komponen Komputer

Sebelum merakit komputer persiapkan terlebih dahulu semua komponen-komponen nya seperti motherboard, processor, heatsink, memory dan lainnya



Processor


cara merakit komputer


Processor dapat dikatakan sebagai otak komputer karena processor berfungsi mengatur semua pekerjaan yang dilakukan sebuah komputer, processor biasa disebut juga central processing unit atau CPU, processor berkaitan dengan kinerja sebuah komputer, semakin bagus processor yang kita gunakan semakin bagus pula kinerja dari sebuah komputer


Motherboard

cara merakit komputer

Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.

Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.


 VGA Card

cara merakit komputer

VGA Card ini biasa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah VGA sendiri juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.


Memori

cara merakit komputer


Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup).


Hardisk

cara merakit komputer


Hardisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis, media penyimpan data dengan kapasitas memori yang besar untuk menyimpan sistem operasi dan menyimpan data-data pekerjaan kita.


Optical Drive

cara merakit komputer

Optical Drive merupakan perangkatat keras penyimpanan data dengan media penyimpanan berupa keping CD/DVD dan menggunakan teknologi optik, teknologi optik yang diputarkan adalah media kaset, kaset yang digunakan untuk menulis dan membaca data.




Cashing

cara merakit komputer

 
Cashing merupakan komponen yang berguna untuk melindungi komponen-komponen hardware dalam CPU agar aman dari gangguan luar yang dapat merusak komponen-komponen tersebut seperti debu, air dan lainnya.



Power Supply

cara merakit komputer
 
Power supply berfungsi sebagai penyuplai tegangan listrik pada motherboard dan beberapa peripheral lainnya yang ada didalam cashing, ada dua jenis power supply yang biasa digunakan yaitu model AT dan model ATX



Kabel Data dan Kabel Power
  
cara merakit komputer

Data dan Kabel Power berfungsi untuk menghubungkan semua perangkat hardware sehingga menunjang kinerja komputer secara keseluruhan.


Monitor

cara merakit komputer




Monitor untuk menampilkan dari hasil kerja yang telah diolah processor, sebuah layar seperti televisi yang diukur dari panjang diagonal layarnya.





Mouse dan Keyboard

cara merakit komputer

Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer.

 Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.


Baut-baut dan Toolkit

cara merakit komputer

Baut-baut dan Toolkit berguna dalam merakit komputer, agar semua komponen komputer terpasang dengan baik.


 Cara Merakit Komputer Secara Mandiri

Setelah kita mempersiapkan semua komponen, kita bisa mulai merakit komputer, yuk langsung aja disimak dan jika sobat membutuhkan komputer rakitan yang murah dan berkualitas, sobat bisa memesannya, silahkan klik komputer rakitan lihat info selengkapnya di sana.

  • Pertama persiapkan motherboard, lalu persiapkan processor, ambil processor lalu perhatikan lengkungan pada processor dan socket processor, tarik tuas pengunci pada socket processor pada motherboard sehingga tuas pengunci pada posisi tegak, letakkan processor dengan baik pada socket nya kemudian tarik tuas pengunci agar mengunci processor dengan sempurna.


cara merakit komputer

  • Oleskan pasta pada processor dan heatsink, kemudian ambil heatsink dan kipas processor lalu letakkan diatas processor.


cara merakit komputer

  • Tancapkan kaki-kaki heatsink pada lubang-lubang di sekitar processor kemudian kencangkan dengan obeng.



cara merakit komputer

  • Pasang kabel power kipas processor pada socket yang bertuliskan CPU Fan, socket ini berada disekitar processor.


cara merakit komputer

  • Selanjutnya kita persiapkan memory dan memasangnya, perhatikan dulu tipe slot memory pada motherboard, pastikan tipe memory yang sobat gunakan sesuai dengan tipe memori tersebut. Buka kedua pengunci pada slot memory yang terletak pada motherboard, pasang memory dengan benar lalu tekan hingga terdengar bunyi klik dan socket memory otomotis mengunci.


cara merakit komputer

  • Selanjutnya kita memasang power supply, biasanya dalam setiap pembelian komputer, power supply sudah terpasang di cashing, namun jika sobat ingin mengganti power supply, sobat bisa mengikuti langkah berikut ini; tidurkan cashing dengan posisi pada bagian kanan nya menghadap keatas, letakkan power supply pada bagian belakan atas cashing, tepatnya pada pojok kanan atas. Pasang dan kencangkan baut power supply agar power supply tidak goyah dan jatuh.


cara merakit komputer

  • Selanjutnya kita pasang motherboard, pasang baut penyangga terlebih dahulu pada cashing, baut-baut ini biasanya berwarna keemasan, sesuaikan lubang-lubang pada motherboard dengan lubang-lubang pada cashing kemudian pasang dan kencangkan bautnya, masukkan motherboard dengan hati-hati dengan posisi mendatar kemudian pasang baut pengunci motherboard dan kencangkan menggunakan obeng.


cara merakit komputer
 

  • Selanjutnya kita memasang hardisk, sebelum memasang hardisk lakukan konfigurasi jumper terlebih dulu caranya bisa dilihat pada badan hardisk. Pasang hardisk pada bagian depan bawah cashing, masukkan hardisk dengan cara mendorongnya ke dalam cashing dan pastikan posisi sirkuit menghadap ke bawah lalu pasang dan kencangkan baut pada bagian samping hardisk, lalu pasang kabel data dan kabel power, pasang kabel data hardisk, ujung yang satu dihubungkan ke hardisk dan ujung yang lain dihubungkan ke motherboard lalu pasang salah satu kabel power supply ke hardisk (cari kabel power supply yang terdekat dengan hardisk)


cara merakit komputer
 
  • Setelah itu kita memasang optical drive, lepas bagian penutup rak logam pada cashing dengan cara mendorong bagian atas dan bagian bawahnya, lalu masukkan optical drive dari depan atas cashing lalu pasang baut pada bagian samping optical drive dan kencangkan baut menggunakan obeng, pasang kabel data dan kabel power nya seperti memasang kabel data dan kabel power hardisk.
cara merakit komputer

  • Selanjutnya kita pasang VGA Card nya, pastikan motherboard sobat memiliki slot VGA eksternal sesuai dengan VGA yang sobat gunakan, lepaskan logam penutup slot VGA pada cashing lalu letakkan VGA Card pada motherboard, tekan pada bagian atas VGA Card hingga terpasang dengan benar, pemasangan VGA Card sudah benar jika VGA Card terpasang dalam keadaan lurus dan semua pin VGA Card terpasang pada slotnya di motherboard, pasang dan kencangkan baut VGA Card yang menempel pada cashing.
cara merakit komputer
 
  • Selanjutnya kita menghubungkan kabel pada semua komponen komputer, memasang kabel power supply kita perhatikan dulu tipe socket power supply pada motherboard, untuk motherboard keluaran terbaru socket power supply nya memiliki 24 pin, sobat bisa langsung menghubungkan kabel tersebut.
cara merakit komputer

  • Lalu hubungkan konektor ATX 12 V yang terdiri dari 4 pin dengan 2 kabel berwarna kuning dan 2 kabel berwarna hitam pada socket power yang terletak disekitar processor.
cara merakit komputer

  • Selanjutnya kita menghubungkan kabel konektor cashing dengan motherboard, sebelum memasang kabel konektor baca terlebih dulu buku petunjuk motherboard, pastikan konektor yang sobat pasang sesuai dengan buku petunjuk tersebut. Jenis kabel yang harus dihubungkan antara lain adalah; Power LED, Power Switch, Reset Switch, HDD LED, Speaker dan konektor front USB.


cara merakit komputer

  • Jika sudah terpasang dengan benar semua, tutup cashing komputer lalu tegakkan cashing komputer lalu pasang kabel-kabelnya, seperti kabel power, kabel monitor, kabel keyboard dan kabel mouse, jika ada speaker tancapkan kabel nya juga.

cara merakit komputer 



Kita telah menyelesaikan satu perangkat PC, jika sobat masih belum jelas dari tutorial cara merakit komputer yang telah saya jelaskan diatas, sobat bisa lihat video dibawah ini, yang sudah saya siapkan buat sobat secara khusus agar sobat tidak lagi bingung, supaya sobat bisa merakit komputer secara mandiri.




Kita telah menyelesaikan pekerjaan kita yaitu merakit komputer dengan baik, tetapi komputer sobat masih belum bisa digunakan karena masih belum mempunyai operasi sistem, nah sobat mesti instal operasi sistem nya dahulu. Jika sobat belum tahu cara menginstal operasi sistem, saya bisa bantu sobat, yuk klik operasi sistem yang ingin sobat gunakan;
  1. cara instal windows 98
  2. cara instal windows xp
  3. Cara instal windows vista
  4. cara instal windows 7
Oke sob segini dulu belajar kita untuk hari ini mengenai cara merakit komputer semoga bermanfaat dan langsung aja dipraktekkan.

Karena banyak yang request untuk copy paste materi ini dan blog ini ga bisa di copy paste jadi saya buatkan tutorialnya berbentuk ebook atau pdf, silahkan di download materi cara merakit komputer nya berbentuk ebook. Klik link download dibawah ini ;


https://www.facebook.com/ajax/messaging/attachment.php?attach_id=aa9102ab68cd6461513e12b4dd7cf275&mid=mid.1415200925285%3A9d3f7ec9de70048d90&hash=AQBbWwJ517b8Pzv7


17 comments :

Luky Rahman mengatakan...

Artikelnya membantu gan,
sekarang saya jadi bisa buat rakit komputerku
sendiri. Makasih banget ya gan
Di sini juga membahas tentang teknologi.
monggo dikunjungi
http://surfgam.blogspot.com/
banyak artikel bermanfaat
dan like Fans Pagenya di
https://www.facebook.com/HiTechModerns

wawan mengatakan...

gan mau tanya soal pemasangan ram yg benar itu gimana ya? ak punya ram 2x2gb nah moboku ada 4slot ram ramku itu harus dipasang di slot 1 dan slot 2 apa slot 2 dan slot 4 ato gimana yg benar?

Anonim mengatakan...

gan kok ga bisa di KOPAS saya ada tugas nih

Penerjemah Bahasa mengatakan...

mantep nih gan artikelnya bagi saya yang lagi belajar ngerakit komputer. gambar sama penjelasannya sangat jelas. nice info gan Terima Kasih.

teknik komputer mengatakan...

itu sdh sy beri link download materi pembahasan "cara merakit komputer" klo broken link tlong beri tau y

jellygamat goldgpro mengatakan...

Terimakasih Atas Informasinya Gan
Ilmunya Buat Menambah Wawasan ane :D

Kunjungi Juga Web Ane Gan Obat Radang Paru-Paru Paling Ampuh
Salam Blogger
Sehat Selalu

Tutarni Aliya mengatakan...

Tutarni : Terima kasih atas tutorial pembelajaran yang diberikan, akan dicoba semoga berhasil dan terus di update ya blog yang keren ini :)

Miko mengatakan...

Dengan adanya artikel ini sangat membantu ane dalam mengerjakan tugas untuk membuat makalah cara merakit komputer. Thanks min sudah berbagi ilmunya, sangat bermanfaat untuk pemula seperti ane.

Alat Antrian mengatakan...

Min Bagus sekali....
bermanfaat sekali postingan..nya
Good Job min...

jangan lupa juga kunjungi halaman ini
http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id/2016/05/mesin-antrian-bersolusi.html
http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id/2016/05/alat-survey-kepuasan-pelanggan.html

Novita Rahma mengatakan...

Makasih buat tutorialnya bagus dan sangat bermanfaat banget
Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren