Carter Mobil

carter mobil

Sabtu, 25 Mei 2013

Membuat Bootable Flashdisk


Membuat Flashdisk menjadi Bootable pada OS Windows


Membuat Bootable Flashdisk

Membuat Bootable Flashdisk - Masih banyak teman-teman yang belum tahu caranya membuat Live Linux pada Flashdisk” pertanyaan ini biasanya berasal dari teman yang memiliki Netbook tapi masih menggunakan OS Windows dan ingin mencoba Distro Linux yang sebelumnya telah di unduh tapi merasa kesulitan untuk melakukan pemasangan pada Netbook tersebut, mungkin mereka lama-lama penasaran juga karena sering membaca Artikel saya yang sebagian besar tentang Linux. UNeetbootin UnetBootin adalah aplikasi open source yang berfungsi membuat bootable Live USB untuk berbagai distribusi Linux. Sehingga kita bisa menjalankan linux langsung dari USB Flashdisk untuk melakukan pemasangan Distro Linux ke Komputer/Netbook yang tidak terpasang Drive Optic CD/DVD, kelebihan lainnya adalah kita bisa mencoba Distro Linux tanpa memerlukan hardisk dan tidak mengganggu sistem atau data yang ada di hardisk. Aplikasi ini bisa dijalankan di Windows 2000/XP/Vista atau linux. Selain itu, kita juga bisa menambahkan berbagai plugins lainnya. Selengkapnya tentang cara penambahan plugins, bisa dibaca di http://unetbootin.wiki.sourceforge.net/useplugin Cara Penggunaan UNetBootin, menyediakan fitur untuk langsung download Linux dari internet atau menggunakan file ISO (CD Image) yang sebelumnya sudah kita unduh. Flashdisk diperlukan berukuran 1 GB atau lebih besar dan menggunakan format file system FAT32. Untuk Sistem Operasi Windows Aplikasi ini tidak perlu di install, tetapi bisa langsung dijalankan saja. Sebelum Anda mempraktekkan tulisan saya ini ada beberapa yang harus di persiapkan terlebih dulu diantaranya:
  1. Flashdisk 2 GB atau lebih besar lebih baik.
  2. Distro Linux BlankOn yang harus Anda Unduh terlebih dulu bagi yang belum memiliknya (tidak harus BlankOn bisa juga distro lainnya).
  3. Unetbootin yang bisa Anda Unduh di situs resminya berikut ini: http://unetbootin.sourceforge.net/ Pertama Format Flashdisk Anda dengan jenis FAT32, jika Anda memakai Flashdisk yang sudah ada isinya, silakan backup dulu isinya ke hardisk atau ke media simpan lainnya dengan cara Salin-Tempel.

Membuat Bootable Flashdisk
Format Flashdisk Anda

Klik dua kali file unetbootin-windows-568.exe telah Anda Unduh sebelumnya, atau Anda juga bisa melakukannya dengan cara Klik Kanan File unetbootin-windows-568.exe ->Open (hasilnya sama saja)


Membuat Bootable Flashdisk


Tidak beberapa lama akan keluar tampilan Unetbootin, karena kita akan membuat Live USB dengan menggunakan ISO Distro Linux yang sudah kita Unduh sebelumnya klik saja menu yang ada tititk disebelah kanan “Diskimage” jangan lupa perhatikan juga bagian “Type” pastikan disitu sudah benar pilih “USB Drive” begitupun pada bagian “Drive” Anda harus benar-benar diperhatikan jangan sampai salah pada Flashdisk lainnya yang terpasang pada komputer (jika hanya 1 Flashdik yang terpasang gak bakalan salah), saya sarankan lebih baik jika ada beberapa Flashdisk yang terpasang silakan dilepas saja.


Membuat Bootable Flashdisk


Lakukan pencarian pada folder kita meletakkan File ISO Distro Linux yang telah kita miliki, setelah ketemu klik “Open” jika keluar tampilan seperti saat pertama kita menjalankan Unetbootin klik saja “Ok”


Membuat Bootable Flashdisk


Tidak beberapa lama kemudian akan tampil halaman proses Ekstrak ISO Distro Linux tersebut ke dalam Flashdisk yang kita miliki, lama proses yang dibutuhkan tergantung dari spesifikasi komputer yang kita miliki.


Membuat Bootable Flashdisk



Akhirnya Proses pembuatan Live USB pada Flashdisk selesai juga, Jika Anda ingin melanjutkan pekerjaan dengan menggunakan OS yang sekarang Anda pakai silakan klik “Exit” tapi kalau Anda sudah tidak sabar untuk mencoba Live USB Flashdisk yang kita buat tadi silakan klik “Reboot Now” maka secara otomatis Komputer akan restart.

Membuat Bootable Flashdisk

Agar bisa menjalankan Live USB Flashdisk yang kita buat tadi silakan Setting BIOS Anda dengan USB FDD sebagai urutan pertama (tidak mutlak USB FDD, tergantung jenis Motherboard dan BIOS yang Anda pakai). 


Membuat Bootable Flashdisk - Demikian materi kita hari ini langsung dipraktekkan sob.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren