Selasa, 28 Mei 2013

Cara Install Linux


cara install linux




Cara Install Linux - kemarin kita telah mempelajari Cara Instal Linux proses menginstalnya dan sekarang langkah setelah selesai menginstal


Pasca Instalasi

Halaman pertama setelah booting pertama adalah Selamat Datang. Tekan tombol “Maju” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.Menyetujui lisensi Anda harus menyetujui perjanjian lisensi, meskipun ini tergolong software yang bebas dicopy dan digunakan, dengan memilih “Yes, I agree to the license agreement.”




Mengatur firewall untuk keamanan


Jika Linux Anda akan sering berada dalam jaringan Internet, sebaiknya Anda ikuti setting bawaan Nusantara, yaitu mengaktifkan Firewall. Program firewall akan mencegah komputer Anda diakses melalui jaringan, kecuali program yang diizinkan, misalnya seperti dalam Gambar.



cara install linux
Firewall Enabled



Jika Anda hanya menggunakan Linux sebagai desktop stand-alone, atau hanya dalam jaringan lokal di kantor, Anda bisa men-Disabled.




Keamanan dengan SELinux

Linux Anda dapat dibuat lebih aman lagi dengan mengaktifkan sistem keamanan SELinux (Security Enhanced Linux). Secara default distro Nusantara menjalankan SELinux. Setelah selesai instalasi, Anda dapat menonaktifkan SELinux. Pada saat instalasi ini, Anda juga bisa menonaktifkan SELinux dengan memilih “Disabled”.


cara install linux
SELinux Disabled




Tanggal dan Waktu


Pilih tanggal dan waktu sesuai dengan tempat Anda bekerja sehari-hari. Bila perlu, Anda dapat mengatur agar waktu mengacu ke server NTP (Network Time Protocol) di internet. Jika akses ke internet tidak lancar, pertahankan pilihan ini tetap kosong sehingga cukup menggunakan waktu lokal di komputer Anda.




Mengatur tampilan layar


Resolusi layar ditentukan otomatis oleh Linux sesuai dengan kartu VGA dan monitor yang dikenali Linux Nusantara. Tampilan layar aslinya kadang hanya memiliki resolusi 800x600 dengan kedalaman warna 24 bit (jutaan warna). Anda dapat mengubahnya. Klik “Konfigurasi” untuk mengubah jenis monitor sesuai dengan spesifikasi monitor yang Anda gunakan, misalnya 1024x768. Lalu ubah resolusi layar menjadi 1024x768. Kedalaman warna cuku menggunakan 24 bt (jutaan warna), atau 16 bit (ribuah warna).


cara install linux
Layar 1024x768




Membuat user baru


Dalam bekerja Anda tidak disarankan menggunakan user administrator atau root, karena dapat berbahaya jika terjadi kesalahan perintah. Buatlah user biasa dan password-nya yang mudah Anda ingat, namun tidak mudah ditebak orang lain.



Menguji kartu suara

Biasanya Linux Nusantara bisa mengenali kartu suara. Untuk memastikannya, klik tombol play (>) dan dengarkan suaranya sambil menggeser pengatur volume ke kanan agar suara terdengar keras. Jika suara terdengar, klik YA.




Restart atau boot ulang


Agar semua perubahan yang telah Anda lakukan berlaku, Anda harus mereboot kembali Linux Nusantara.




Log-in dan Berubah Menjadi root

Setelah Anda berhasil login ke desktop Linux Nusantara, program yang perlu Anda kenal meskipun jarang digunakan nantinya adalah prompt atau Terminal. Menu untuk menjalankan prompt adalah Aplikasi -> Aksesoris -> Terminal. Untuk berubah diri menjadi root, jalankan perintah su diikuti Enter dan ketikkan password root. Untuk keluar dari root, jalankan exit diikuti Enter. 

cara install linux


Cara Install Linux - besok kita lanjut lagi sob, pembahasan terakhir mengenai Cara Instalasi Linux langsung aja diklik linknya.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren