Carter Mobil

carter mobil

Rabu, 29 Mei 2013

Cara Instalasi Linux


Cara Instalasi Linux


Cara Instalasi Linux - kita melanjutkan materi kita yang kemarin mengenai Cara Install Linux dan sekarang kita melanjutkannya lagi.

Booting Multi OS Boot loader Linux seperti Lilo dan Grub dapat digunakan untuk mengatur pilihan booting ke lebih dari satu distro atau sistem operasi (Multi Operating System). Dalam contoh berikut ini ditunjukkan cara mengatur pilihan booting ke Windows dan ke Linux yang lain. 1.4.1 Booting ke Windows Secara normal, Nusantara langsung mengenali partisi Windows bila di dalam komputer telah ada Windows. Program installer Nusantara akan menambahkan pilihan booting ke Windows, dengan pilihan default ke Nusantara. Untuk mengubah agar pilihan default ke Windows, Anda dapat mengedit file /boot/grub/grub.conf, dengan mengganti nomor default di bagian atas file grub.conf. default=1 Catatan: Anda harus berubah menjadi root agar dapat mengedit file grub.conf dan menyimpannya. Jika Anda menggunakan editor teks vi, perintahnya adalah “vi /boot/grub/grub.conf”. Ketika akan mengedit tekan tombol i atau I. Ketika akan keluar tanpa menyimpan (abandon) tekan tombol Esc diikuti :q! (titik dua, q, dan tanda seru). Untuk menyimpan hasil editing, tekan Esc diikuti :wq (titik dua, w, dan q). Jika Windows diinstall setelah Linux, boot loader Grub yang berada di MBR akan tertimpa boot loader Windows, sehingga Anda harus merujuk kembali ke bagian 1.2.9. Setelah Anda berhasil masuk kembali ke Linux, Anda harus mengedit file grub.conf untuk menambahkan pilihan booting ke Windows dengan menulis tiga baris ini di bagian akhir. Asumsi: Windows ada di partisi pertama primary master (hd0,0) atau /dev/hda1. Kata “other” dapat diganti dengan “windows” atau kata lainnya, boleh ada spasi. title other rootnoverify (hd0,0) chainloader +1 Booting ke Linux lain Sebagai contoh, di dalam hard disk terdapat Linux Ubuntu yang terinstal pada partisi /dev/hda6. Mount partisi Linux lain itu, misalnya Ubuntu yang berada di /dev/hda6 di-mount ke /mnt/hda6. # mkdir /mnt/hda6 # mount /dev/hda6 /mnt/hda6 Lihat isi direktori boot milik Ubuntu untuk mencatat atau meng-copy nama file lengkap vmlinuz dan initrd. Dua file ini akan dipanggil pada saat komputer booting ke distro Linux tersebut. # ls /mnt/hda10/boot Tambahkan 4 baris ini pada file grub.cong milik Nusantara, dengan nama vmlinuz dan initrd.img sesuai dengan yang ada di direktori boot Linux lain itu. 


Cara Instalasi Linux - sudah selesai smua materi kita, kalo sobat ingin belajar lagi materi ini silahkan belajar kembali dari awal, silahkan klik Cara Menginstal Linux untuk mengawali dari awal.


1 comments :

Sehaydo' mengatakan...

Assalamu'alaikum :)
Artikelnya baru nih , hhe
Mudahan Sukses aja Blog nya ...
Mampir ya www.sehaydo.blogspot.com

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren