Carter Mobil

carter mobil

Selasa, 23 April 2013

Sistem Komputer - Pengalihan proses


Sistem Komputer


Sistem Komputer - Pengalihan proses

Pengalihan proses terjadi jika proses yang running beralih menjadi state lain (ready, blocked) kemudian sistem operasi membuat perubahan-perubahan berarti terhadap lingkungan.

Langkah-langkah yang terlibat dalam pengalihan proses sebagai berikut :

1. Simpan konteks pemroses, termasuk register PC dan register-register lain.

2. Perbarui PCB proses yang running. Pelaksanaan termasuk mengubah state proses menjadi salah satu state (ready, blocked, suspendedready).

3. Field-field yang relevan juga diperbarui misalnya alasan meninggalkan state running dan informasi akunting.

4. Pindahkan PCB proses ke senarai yang cocok (ready, blocked).

5. Pilih satu proses lain untuk dieksekusi sesuai dengan teknik penjadwalan.

6. Perbarui PCB proses yang dipilih termasuk perubahan state menjadi running.

7. Perbarui struktur-struktur data manajemen memori. Pekerjaan ini sesuai dengan pengelolaan translasi alamat.

8. Kembalikan konteks pemroses dengan konteks simpanan yang memberitahu konteks proses terakhir saat dialihkan dari state running. Pengembalian konteks ini dilakukan dengan memuatkan nilai-nilai register PC dan register-register lain dengan nilai konteks yang tersimpan.

Pengalihan proses melibatkan pengalihan konteks dan perubahan state, memerlukan usaha lebih besar daripada pengalihan konteks.


Tabel-tabel proses
Tiap proses mempunyai state yang perlu diperhatikan sistem operasi yang dicatat dalam beragam tabel atau senarai yang saling berhubungan, yaitu :

a. Tabel informasi manajemen memori Untuk menjaga keutuhan memori utama dan memori sekunder yang menyimpan informasi tentang :

  • Alokasi memori utama yang dipakai proses.
  • Alokasi memori sekunder yang dipakai proses (menggunakan manajemen memori dengan swapping).
  • Atribut segmen memori utama dan sekunder.
  • Informasi-informasi lain yang digunakan untuk pengelolaan memori.
b. Tabel informasi manajemen masukan/keluaran Untuk mengelola perangkat masukan/keluaran, dimana perangkat tersebut digunakan proses tertenty, sehingga perlu dijaga agar proses lain tidak memakainya. Sistem operasi perlu mengetahui status operasi masukan/keluaran dan lokasi memori utama yang digunakan untuk transfer data.

c. Tabel informasi sistem file Berisi informasi mengenai ekstensi file, lokasi pada memori sekunder, status saat itu dan menyimpan atribut-atribut file lainnya.

d. Tabel proses Untuk mengelola informasi proses di sistem operasi, lokasinya di memori, status dan atribut proses lainnya.

Proses ditempatkan di memori utama di lokasi tertentu, proses mempunyai satu ruang alamat tersendiri. Ruang alamat yang digunakan proses disebut citra proses (process image), karena selain seluruh kode biner program, proses ditambahi atribut-atribut lain yang berkaitan penempatannya pada suatu lokasi memori dan status eksekusi pada saat itu.

Sistem Komputer
Elemen-elemen citra proses


Struktur umum tabel-tabel kendali ditunjukkan pada gambar berikut :

Sistem Komputer
Struktur tabel-tabel kendali pada sistem operasi


PCB dan senarai proses
PCB berisi informasi mengenai proses yang diperlukan sistem operasi. PCB dibaca dan /atau dimodifikasi rutin sistem operasi seperti penjadwalan, alokasi sumber daya, pemrosesan interupsi, monitoring dan analisis kinerja. Kumpulan PCB mendefinisikan state sistem operasi. Untuk menyatakan senarai proses di sistem operasi dibuat senarai PCB.


Sistem Komputer
Senarai PCB


Diagram memperlihatkan hanya satu PCB berada di senarai running. PCB ini menyatakan proses yang saat itu sedang dieksekusi pemroses sehingga hanya satu proses yang running. Tentu saja ini tidak berlaku untuk multiprocessing yang dapat mengeksekusi lebih dari satu proses sekaligus. Prose-proses ready digambarkan dengan PCB proses-proses di senarai ready. Proses-proses menunggu dijadwalkan untuk dieksekusi pemroses. Proses yang dijadwalkan dieksekusi (yaitu mengalami transisi dari state ready menjadi running) maka PCBnya dipindah dari senarai ready ke senarai running.

Proses running (PCB-nya berada di senarai running) dipindah sesuai state yang dialami proses itu, sebagai berikut:

a. Bila proses berakhir (selesai) maka dijalankan operasi terminasi sehingga PCB- nya tak ada lagi.

b. Bila proses diblocked karena menunggu alokasi sumber daya maka PCBnya dipindah ke senarai blocked.

c. Bila proses dijadwalkan habis jatah waktu eksekusinya maka PCBnya dipindahkan ke senarai ready. 

Proses yang sedang blocked berpindah menjadi ready bila sumber daya yang ditunggu telah teralokasi untuknya. Untuk itu PCBnya dipindahkan ke senarai ready.

Sistem Komputer - Pengalihan proses, masih mau lanjut, klik aja sistem komputer.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren