Carter Mobil

carter mobil

Senin, 15 April 2013

Sistem Komputer - Fungsi


Sistem Komputer


Sistem Komputer -  Fungsi dan sasaran Sistem Operasi

Secara garis besar mempunyai 2 tugas utama, yaitu sebagai : 

a. Pengelola seluruh sumber daya pada sistem komputer (resource manager) Yang dimaksud dengan sumber daya pada sistem komputer adalah semua komponen yang memberikan fungsi (manfaat) atau dengan pengertian lain adalah semua yang terdapat atau terhubung ke sistem komputer yang dapat  untuk memindahkan, menyimpan, dan memproses data, serta untuk mengendalikan fungsi-fungsi tersebut. Sumber daya pada sistem komputer, antara lain :

1 Sumber daya fisik, misalnya :
Keyboard, barcode reader, mouse, joystick, light-pen, trackball, touch- screen, pointing devices, floppy disk drive, harddisk, tape drive, optical disk, CD ROM drive, CRT, LCD, printer, modem, ethernet card, PCMCIA, RAM, cache memory, register, kamera, sound card, radio, digitizer, scanner, plotter, dan sebagainya. Salah satu sasaran yang harus dicapai sistem operasi adalah dapat memanfaatkan seluruh sumber daya agar dapat digunakan secara efektif dan efisien mungkin.

2 Sumber daya abstrak, terdiri dari :

  • Data, misalnya :
Semaphore untuk pengendalian sinkronisasi proses-proses, PCB (Process Control Block) untuk mencatat dan mengendalikan proses, tabel segmen, tabel page, i-node, FAT, file dan sebagainya.

  • Program
Adalah kumpulan instruksi yang dapat dijalankan oleh sistem komputer, yang dapat berupa utilitas dan program aplikasi pengolahan data tertentu.

Penyedia layanan (extended/virtual machine) Secara spesifik berfungsi :

  • Memberi abstaksi mesin tingkat tinggi yang lebih sederhana dan menyembunyikan kerumitan perangkat keras. Sistem operasi menyediakan system call (API=Application Programming Interface) yang berfungsi menghindarkan kompleksitas pemograman dengan memberi sekumpulan instruksi yang mudah digunakan.
  • Basis untuk program lain. Program aplikasi dijalankan di atas sistem operasi yang bertujuan untuk memanfaatkan dan mengendalikan sumber daya sistem komputer secara benar,efisien,dan mudah dengan meminta layanan sistem operasi. Untuk memberikan fungsi-fungsi tersebut, sistem operasi mempunyai beberapa subsistem, antara lain :
a. Manajemen proses
b. Manajemen memori
c. Manajemen berkas
d. Manajemen perangkat masukan/keluaran
e. Pengamanan sistem
f. Sistem komunikasi
g. Dan sebagainya

Sistem Komputer -  Fungsi dan sasaran Sistem Operasi, lanjut sob klik sistem komputer.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren