Carter Mobil

carter mobil

Selasa, 12 Februari 2013

Teknologi Informasi - Sistem Komputer


Sistem Komputer



Teknologi Informasi - Sistem Komputer

I.   Sistem Komputer
Banyak cara untuk menggambarkan sebuah sistem komputer. Berdasar komponen-komponen pendukungnya agar dapat bekerja sebuah sistem komputer terdiri dari hardware, software dan brainware. Hardware adalah komponen perangkat keras berupa sekumpulan peralatan elektronis, software adalah komponen perangkat lunak atau program dan data yang ada di komputer, sedangkan brainware atau humanware atau user adalah manusia yang mengoperasikan komputer.

Dalam konteks sistem informasi, ketiga komponen tersebut akan melakukan tiga buah proses yaitu proses input data, pemrosesan data, dan proses untuk menghasilkan output berupa produk informasi. Proses input data adalah kegiatan memindahkan data ke dalam bentuk digital untuk dijadikan data masukan ke sistem komputer. Agar data dapat digunakan kembali sebaiknya data tersebut disimpan di sebuah file tunggal atau ke dalam sebuah basis data. Bagian pemrosesan data adalah proses mengelola data menjadi informasi. Sekumpulan data yang dikelola akan memiliki nilai berarti hingga menghasilkan keluaran berupa informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.


II.   Perangkat Keras
Dalam sebuah sistem komputer, perangkat keras didefinisikan sebagai komponen-komponen komputer yang dapat ditangkap dengan indera peraba kita. Sejumlah perangkat keras merupakan komponen pokok yang harus ada di sebuah komputer, sedangkan komponen-komponen lainnya adalah komponen pendukung untuk menambah fungsi komputer.

Komponen Pokok Perangkat Keras

1.  Prosesor
Prosesor (Processor, Central Procesing Unit), adalah bagian dari perangkat keras komputer yang dianggap sebagai "otak" komputer". Alat ini menentukan sejauh mana kecepatan  komputer melakukan instruksi. Kecepatan prosesor digambarkan dengan istilah clock cycles, saat ini kecepatan prosesor mutakhir telah berada pada kisaran GigaHertz. Beberapa produsen prosesor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. Sejauh ini intel masih menguasai pasar CPU.

Teknologi Informasi
Processor Intel Pentium 4

2.  Motherboard

Teknologi Informasi
Sebuah motherboard

Sebuah motherboard (mainboard, logic board atau system board) adalah papan sirkuit utama atau papan sirkuit pusat untuk membentuk suatu sistem elektronik yang komplek seperti komputer. Sebuah motherboard PC memiliki sejumlah slot dan soket untuk meletakkan sejumlah komponen perangkat keras lainnya seperti :

  1. CPU(Central Processing Unit)
  2. Random Access Memory(RAM)
  3. Basic Input-Output System(BIOS)
  4. Sejumlah Bus seperti ; PCI bus,  AGP bus, ISA bus, EISA bus dan  USB

Teknologi Informasi
Slot-slot di sebuah motherboard
Motherboard memiliki sejumlah expansion slot, yaitu sejumlah slot yang dapat diisi dengan card untuk  menambah  kemampuan  komputer.  Slot-slot  tersebut
terdiri dari beberapa jenis, jenis-jenis slot yang dimaksud adalah :
  • PCI (Peripheral Component Interconnect). Slot berwarna putih, biasanya tersusun berderet di kebanyakan motherborad saat  ini. Karena paling popuper, sebuah motherboard dapat menyediakan hingga 5 PCI slot.
  • PCI-Express (Peripheral Component Interconnect Express). Biasanya berwarna hitam, dianggap akan menggantikan seluruh jenis slot yang ada. Dikeluarkan dalam sejumlah ukuran (1X, 4X, 8X dan 16X). Belum banyak yang menggunakannya.
  • AGP (Accelerated Graphic Port). Biasanya berwarna coklat, berbeda dengan lainnya slot AGP hanya digunakan untuk Video Card. Biasanya diletakkan sejajar dengan PCI slot, berada di tengah motherboard.
  • ISA (Industry Standard Architecture). Berwarna hitam. Terletak sejajar dengan PCI slot, di bagian pinggir motherboard. Slot yang satu ini sudah tidak terlalu populer.
3.  Memori
Memori berfungsi untuk menyimpan data. Kecuali memori sekunder(hardisk), memori   juga   menyimpan   instruksi komputer   dari   program   yang   sedang dijalankan.

Terdapat beberapa jenis memori, berdasar tingkat kecepatannya, memori terbagi menjadi :
  1. Register
  2. Cache memory
  3. Main memory
  4. Memori sekunder.
Register berada pada prosesor atau dapat dikatakan sebagai memory internal prosesor, merupakan jenis memory yang paling cepat. Cache memory merupakan memory perantara untuk meningkatkan kecepatan komputer. Main memory terdiri dari ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access memory). Sedangkan memori sekunder lebih ditujukan kepada media penyimpanan data jangka panjang, seperti hardisk.

RAM adalah memori yang paling dipilih untuk meningkatkan kecepatan sistem komputer karena harganya relatif murah dibanding dua jenis memori diatasnya. Main memory disebut memori utama, karena digunakan sebagai ruang memori utama untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang berjalan. Setiap komputer memiliki RAM dalam ukuran tertentu. Semakin besar ukuran RAM, semakin banyak instruksi dan data yang dapat disimpan pada satu saat. Untuk
saat  ini  komputer  dengan  prosesor  intel  Pentium  4, biasa menggunakan ukuran RAM 256 MB atau 512 MB.
 
Memori diukur dalam satuan byte, dimana satu byte sama dengan 8 bit(binary digit) secara umum adalah ukuran satu karakter di sebuah sistem komputer. Satuan yang lebih besar dari byte adalah kilobyte atau sekitar seribu byte(1024 byte), 1024 adalah 2 pangkat 10. Berturut-turut selanjutnya satuan ukuran memori adalah megabyte, gigabyte, terabyte dan seterusnya.

Perbandingan Satuan Ukuran Memori Komputer


Prosesor mengambil data dan instruksi dari RAM, memprosesnya dan menuliskan data baru kembali ke RAM dalam siklus yang berulang-ulang. Kegiatan pemindahan data antara prosesor dan RAM terjadi jutaan kali setiap detik. Pada saat sebuah aplikasi ditutup, aplikasi tersebut beserta  file  yang bersangkutan biasanya dihapus dari RAM untuk menyediakan tempat bagi data baru.
Berdasar cara penyimpanan data, RAM dibagi menjadi dua jenis yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Static RAM dapat mempertahankan data di dalamnya tanpa perlu disegarkan secara berkala. Sedangkan Dynamic RAM perlu disegarkan secara berkala untuk mempertahankan isinya. Penyegaran berkala tersebut membuat DRAM lebih lambat daripada SRAM.

DRAM mendukung waktu akses hingga 60 nano detik, sedangkan SRAM dapat mendukung waktu akses hingga 10 nano detik. Sebagian besar jenis RAM yang banyak dijumpai di pasar bertipe dinamis disebabkan mahalnya jenis memori SRAM.
Beberapa Tipe DRAM
  • FPM DRAM(Fast Page Mode DRAM), generasi pendahulu yang sudah tidak diproduksi, digunakan pada komputer 386 dan 486.
Teknologi Informasi
EDO RAM
  • EDO DRAM (Extended Data Out DRAM). Lebih baik dari FPM, tetapi tidak dapat bekerja pada bus dengan kecepatan lebih dari 66 MHz.
  • BEDO RAM(Burst EDO RAM), pengembangan dari EDO RAM,
  • SDRAM (Synchronous DRAM), memiliki kecepatan yang cukup tinggi, dan saat ini masih banyak di jumpai di  pasar. Pada dasarnya  melakukan sinkronisasi dengan kecepatan bus CPU. Setiap keping SDRAM memiliki ciri berupa label "PC", yaitu PC 100 atau PC 133, yang menunjukkan kecepatannya. SDRAM PC 100 dirangang untuk mendukung bus 100 MHz.
Teknologi Informasi
Sebuah SD-RAM
  • RDRAM (Rambus DRAM) dikembangkan perusahaan Rambus Inc. RAM yang sangat cepat, mendukung kecepatan hinngga 800 MHz.
  • DDR  SDRAM  (Double  Data  Rate  SDRAM),  Disebut  juga SDRAM II atau DDRAM, merupakan  pengembangan  SDRAM.  Menggandakan  kecepatan SDRAM. Mengkonsumsi sedikit power listrik, hingga cocok digunakan untuk notebook. DDR-SDRAM. DD-RAM dan RDRAM  diharapkan akan segera menggantikan RDRAM.
Teknologi Informasi
Sebuah hardisk
4.  Hardisk
Hardisk (hard disk drive(HDD), hard drive, hard file) adalah sebuah media penyimpanan yang bersifat non-volatile (data tidak  hilang apabila komputer dimatikan). Data di dalam hardisk  disimpan  di  permukaan  lapisan-lapisan magnetis plat hardisk. Sebagai  media  penyimpan,  hardisk  memiliki kapasitas penyimpanan. Saat  ini kapasitas hardisk yang umum digunakan untuk personal computer dengan prosesor pentium IV adalah sekitar 20 – 80 GB. Selain kapasitas, harddisk memiliki ukuran kecepatan transfer data yang ditulis dalam satuan rpm (rotation per minute), pilihan yang mudah dijumpai adalah 5400, 7200 rpm atau 10000 rpm.

Periferal
Periferal adalah istilah yang sering terdengar dalam pembahasan perangkat keras komputer. Namun batasan dari periferal sendiri tidak terlalu tegas. Secara sederhana periferal  adalah  perangkat-perangkat  keras  yang  dapat ditambahkan ke PC untuk meningkatkan kemampuan sistem komputer. Beberapa periferal yang banyak digunakan:
  • Video card (Graphic card, display adapter, kartu grafis).
Digunakan untuk meningkatkan kualitas resolusi grafik di  layar  monitor. Istilah lain yang sering digunakan adalah  VGA  Card, istilah ini menjadi populer karena komputer-komputer saat ini menggunakan standar tampilan komputer analog VGA (Video Graphic Array) dan turunannya. Alat ini adalah alat bantu prosesor dalam menerjemahkan tampilan yang akan ditampilkan di layar monitor. Memori yang dimiliki kartu VGA digunakan khusus untuk mengelolah data tampilan di layar monitor. Teknologi Accelerated Graphics Port (AGP) yang dikembangkan intel memungkinkan pengolahan tampilan keluaran berukuran besar dapat dilakukan dengan cepat.
Teknologi Informasi
Video Card

  • Monitor, merupakan alat standar output atau luaran  utama sistem komputer. Bersama dengan kartu grafis, keduanya akan menentukan tampilan utama luaran sistem komputer.
  • Sound card (Kartu suara). Digunakan untuk menentukan standar kualitas keluaran suara komputer, sekaligus kualitas masukan suara.
Teknologi Informasi
Sebuah sound card
  • Speakers. Output suara dari sound card akan diteruskan ke speaker untuk mengeluarkan suara sistemkomputer. Speaker komputer saat ini telah dilengkapi dengan kemampuan kualitas  surround (suara 3 dimensi) dan subwoofer.
  • Kibor Alat standar input komputer
  • Mouse Alat input yang merupakan pointing device yang digunakan untuk mengarahkan kursor di layar monitor.
  • Joystick atau kontroler game lainnya, Alat input yang disesuaikan untuk menjalankan permainan komputer
  • Modem,  sebuah  modul  untuk  mendapatkan  sambungan  internet  lewat jalur telepon
  • CD-R/RW drive (burner) Untuk menambahkan kemampuan menulis atau menulis kembali data dari komputer ke CD.
  • DVD  drive,  agar  komputer  dapat  membaca  data  dalam  bentuk  DVD. Biasanya memiliki kemampuan untuk membaca CD juga.
  • DVD-R/RW (burner) Untuk menambahkan kemampuan menulis atau menulis kembali data dari komputer ke DVD. Biasanya juga memiliki kemampuan untuk menulis atau menulis kembali data ke CD.
  • Hard drive Hardisk yang dianggap periferal adalah secondary harddisk dan seterusya, digunakan untuk menambahkan kapasitas ruang penyimpanan sekunder atau untuk melakukan backup secara periodik terhadap data dari hardisk utama.
  • Memory card reader Untuk membaca  data digital dalam bentuk kartu flash memory, seperti dari kamera dijital.
  • Printer Untuk menghasilkan cetakan dengan kualitas yang baik hingga ke tingkat photo-quality.
  • Scanner  Alat  yang  digunakan  untuk  men-scan  foto  atau  dokumen  ke dalam format dijital dan menyimpannya di hardisk.
  • PC camera Untuk mengirim video secara real-time ke teman atau keluarga, atau berkomunikasi lewat   internet   menggunakan   teknologi webcam.
  • Network card Untuk menghubungkan komputer anda ke sebuah jaringan komputer.
  • Wireless hub atau Router Untuk menciptakan jaringan nir kabel atau membagi koneksi internet broadband ke sejumlah komputer.
  • Wireless network adapter Untuk menghubungkan komputer anda ke sebuah jaringan nir kabel.
  • Digital media server Menghubungkan komputer ke sebuah sistem home audio, agar anda dapat mendengarkan file audio dijital atau internet radio melalui sistem home audio Anda.
Port Komputer
Port komputer hardware berfungsi sebagai antarmuka antara sebuah komputer dengan komputer atau  devais lain. Setiap komputer memiliki sejumlah port, dengan bentuk yang berbeda-beda, ada yang bulat, kotak, atau persegi panjang. Beberapa port memiliki standar bentuk sendiri seperti  port untuk kibor dengan bentuk bulat. Secara umum port komputer terbagi menjadi dua yaitu port serial dan port paralel.

1. Port Serial
Jenis port ini mengirim dan menerima data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal. Port ini banyak digunakan sebagai antarmuka komunikasi serial.
Devais yang menggunakan port serial antara lain adalah mouse, terminal, modem, keyboard dan sejumlah periferal lainnya.

Teknologi Informasi
Sebuah Port Serial
2. Port Paralel
Berbeda dengan port serial, port paralel dapat mengirim dan menerima sejumlah bit data pada satu saat melalui satu set kabel. Jumlah kabel atau bentuk port paralel dapat bervariasi. Sebagian besar orang memahami port paralel  hanya sebatas printer port, contoh lain dari port paralel  adalah port untuk disk drive.

Teknologi Informasi
Sebuah Port Paralel

Perkembangan USB port telah banyak menggantikan printer port, hingga komputer-komputer saat ini tidak lagi dilengkapi dengan printer port.

3.  Universal Serial BUS(USB)
USB adalah pengembangan dari port serial. Sejumlah vendor dari device standar seperti mouse dan printer telah beralih menjadikan usb sebagai cara koneksi ke komputer.

Teknologi Informasi
USB Flash Drive
Saat ini USB devais (alat yang terkoneksi ke komputer melalui USB) paling populer adalah USB Flash Disk, yang merupakan media penyimpan sekunder dengan ukuran kecil namun memiliki kapasitas yang cukup besar untuk keperluan sehari-hari.
Kelebihan USB berada pada kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang  secara plug and play. USB dirancang untuk tidak bergantung kepada expansion slot, dan USB device yang akan dipasang atau dicopot tidap perlu me-reboot komputer.  USB mendukung arsitektur daisy-chain ganda. Hal ini diimplementasikan dengan usb hub yang terkoneksi ke usb kontroler.

Teknologi Informasi
Sebuah USB hub

Sebuah USB hub selain dapat menampung sejumlah USB device, juga dapat menampung sejumlah USB hub, begitu pula halnya USB hub tersebut dapat menampung sejumlah USB hub berikutnya. Pada akhirnya akan membentuk rangkaian usb devais dengan struktur tree. Jumlah tingkat/level usb hub yang tersusun maksimal adalah 5  tingkat, sedangkan jumlah USB device yang terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah.

Kita akan melanjutkan pembahasan Teknologi Informasi -  Sistem Komputer besok lagi dengan pokok pembahasan Perangkat Lunak.


1 comments :

mahasiswa teladan mengatakan...

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren