Carter Mobil

carter mobil

Rabu, 13 Februari 2013

Teknologi Informasi - Perangkat Lunak




Teknologi Informasi - Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau software adalah program komputer yang memungkinkan sebuah komputer dapat melakukan sebuah tugas tertentu. Sebagai  kebalikan dari  perangkat keras, software terdiri dari kumpulan instruksi dan data yang disimpan di dalam memori komputer.

Jenis-jenis perangkat lunak
Pada dasarnya perangkat lunak dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu perangkat lunak sistem komputer dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem komputer adalah perangkat lunak yang berfungsi agar komputer dapat berjalan dengan baik, termasuk didalamnya adalah  perangkat  lunak  sistem operasi dan perangkat lunak utiliti. Sedangkan perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu aplikasi kehidupan sehari-hari pengguna komputer, masuk di  dalamnya adalah pemroses  kata (word processing), pengolah angka (spreadsheet), basis data (database), game komputer, perangkat lunak pengelola video (video editing), dan lainnya.
Selanjutnya perangkat lunak aplikasi dapat dibagi lagi berdasarkan  fungsinya.
Namun klasifikasi perangkat lunak aplikasi sebaiknya dilakukan dalam suasana yang longgar tidak terlalu kaku, karena keberadaan jenis-jenis baru perangkat lunak seringkali memiliki sejumlah fungsi hingga dapat dikelompokkan di lebih satu kelompok. Berikut adalah sejumlah jenis perangkat lunak:

Teknologi Informasi



Sistem Operasi
Menurut William Stallings, sistem operasi adalah program yang menutup detil hardware yang rumit kepada programmer dan menyediakan antarmuka yang mudah (convenient) bagi programmer untuk mengakses hardware dalam mengembangkan sebuah program. Definisi tersebut dibuat dalam konteks pengembangan sistem operasi oleh programmer. Untuk lebih jelasnya gambaran sistem operasi dapat dilihat dari gambar berikut:

Teknologi Informasi
Kedudukan Sistem Operasi,
sumber : Operating System, William Stallings

Dari gambar diatas terlihat bahwa detil perangkat keras yang rumit ditutup oleh sistem operasi agar programmer dapat mengembangkan program aplikasi lebih mudah dan lebih cepat. Sedangkan pada akhirnya pengguna akhir hanya berinteraksi dengan aplikasi. Perlu dicatat bahwa sistem operasi saat ini seperti MS Window telah berkembang menjadi sebuah 'paket' perangkat lunak yang didalamnya telah memiliki sejumlah utiliti dan program aplikasi sekaligus.

Tabel Daftar Beberapa Sistem Operasi


Sistem Operasi Microsoft Windows
Microsoft Windows adalah sebuah sistem operasi produksi Microsoft, berbasis Graphical User Interface (GUI) dan menunjang konsep multitasking. Versi pertama Microsoft Windows diluncurkan pada tahun 1985 yang berbasis dos, namun windows baru populer pada Microsoft Windows versi 3 yang diluncurkan tahun 1990. Versi yang saat ini paling banyak dipakai adalah Microsoft Windows XP, versi pertamanya dikeluarkan tahun 2001. Proyek Microsoft Windows yang sedang dikembangkan adalah Microsoft Server “Longhorn” yang kemungkinan akan dinamakan Windows Server 2007 atau Windows Server 2008. Saat ini Microsoft Windows adalah sistem operasi yang paling populer dan cenderung mendominasi pasar perangkat  lunak sistem  operasi.  Di sejumlah negara beberapa kali  Microsoft didenda karena pelanggaran undang-undang persaingan usaha. Contohnya Windows XP Edition N adalah Windows XP tanpa Windows Media Player yang diluncurkan di  Eropa untuk melaksanakan keputusan European Commission. Microsoft juga diharuskan membayar denda sebesar €497  juta. karena Windows XP dianggap melanggar undang-undang pesaingan usaha di  Eropa.

Konsep dan Standar Graphical User Interface Microsoft Windows Pemanfaatan Graphical User Interface(GUI) dengan devais mouse, merupakan standar yang menjadi ciri khas operasi komputer dalam lingkungan Windows.
Beberapa hal yang menjadi dasarnya adalah desktop,  menu, shortcut dan icon.

1. Desktop
Desktop adalah layar pertama yang muncul setelah Anda melakukan proses log on di Windows. Desktop merupakan fitur yang sangat penting di komputer anda, dapat diisi dengan sejumlah shortcut dari program yang sering digunakan, dokumen-dokumen, folder, atau printer. Desktop juga dapat Anda sesuaikan untuk menampilkan shortcut ke halaman-halaman internet yang sering Anda kunjungi. Termasuk  dalam  bagian  desktop  adalah  daftar  menu yang muncul dari Start Menu. Pada   Microsoft   Windows   XP, sesaat   setelah   diinstal   layar   desktop   tidak menampilkan  shortcut,  kecuali  shortcut  Recycle  Bin. Sedangkan  daftar  menu dari Start Menu yang ada adalah :
•    Internet (Internet Explorer)
•    E-mail (Outlook Express)
•    MSN Explorer
•    Windows Media Player
•    Windows Movie Maker
•    Files and Settings Transfer Wizard
•    Tour Windows XP
•    My Documents
•    My Recent Documents
•    My Pictures
•    My Music
•    My Computer
•    Control Panel
•    Printers and Faxes
•    Help and Support
•    Search
•    Run
•    Log Off
•    Turn Off Computer


Selanjutnya Anda sebagai pengguna dapat menambah dan menghapus shortcut yang ada di layar desktop, maupun daftar menu pada Start Menu.
Untuk menyesuaikan pengaturan tampilan warna dan latar belakang  desktop, klik kanan pada daerah kosong, lalu klik  properties, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan  cara masuk ke Control  Panel, kemudian ke desktop settings.

Teknologi Informasi
Desktop Microsoft Windows XP

2. Menu
Menu atau pull down menu adalah daftar perintah yang diwakili dengan sebuah kata atau istilah. Menu tersusun atas sejumlah sub menu, dan masing-masing dapat memiliki shortcut. Untuk menjalankannya dapat dilakukan dengan mengklik mouse pada bagian menu yang bersangkutan atau menjalankan shortcutnya.

Teknologi Informasi
Menu pulldown Adobe Acrobat 5

3. Shortcut
Sesuai namanya ditujukan untuk mempersingkat sebuah  proses. Dijalankan dengan cara kombinasi deretan tombol  keyboard atau kombinasi keyboard dengan mouse.

Daftar Shortcut Umum Microsoft Windows

Teknologi Informasi

4. Ikon & Toolbar
Bentuk lain dari shortcut adalah icon, untuk  menjalankannya  klik  pada  icon yang bersesuaian. Deretan icon ditampung di sebuah toolbar.

Teknologi Informasi
Toolbar MS Word 97
Memahami Lingkungan Windows
Agar sistem komputer kita senantiasa berjalan dengan baik, maka kita harus selalu mengetahui kondisi komputer kita. Informasi umum sistem komputer dapat dilihat pada jendela system properties. Untuk menampilkannya Anda dapat mencari shorcut atau menu My Computer, kemudian klik kanan, dan pilih property.
Selanjutnya masih di jendela yang sama, anda dapat masuk ke tab System
Restore, Automatic Updates, Remote, Computer Name, Hardware dan Advenced.



Teknologi Informasi
Jendela System Property
Baik, segini dulu materi kita, yang membahas Teknologi Informasi mengenai Perangkat Lunak dan juga jangan lupa pelajari yang kemarin mengenai sistem komputer.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren