Carter Mobil

carter mobil

Rabu, 19 Desember 2012

Teknik Komputer - Pengenalan Windows XP




Teknologi Informasi



Teknologi Informasi - Kemarin kita telah mempelajari topik teknik komputer mengenai Koneksi Internet dan sekarang kita akan membahas topik yang berbeda yaitu mengenai Pengenalan Windows XP. Oke yuk langsung aja kita simak dan dipelajari.

  • Login Windows XP
Mengoperasikan Windows XP itu semudah seperti kita menyalakan komputer. Hal ini dikarenakan tampilan Windows XP memang didesain untuk kemudahan para user (pengguna) yang menggunakannya. Akan tetapi, sebelum kita dapat memulai mengoperasikan Windows XP, kita akan melihat tampilan blue welcome screen (layar biru selamat datang) seperti yang ditampilkan pada Gambar di bawah ini. Windows XP ingin kita log on terlebih dahulu dengan cara mengklik salah satu user (jika terdapat lebih dari satu user).


pengenalan windows xp
Tampilan blue welcome screen pada
Windows XP
Penjelasan tentang configuration (pengaturan) dan setting (penyetelan) user akan dibahas pada artikel-artikel teknik komputer selanjutnya.
  • Pengenalan Window
Tampilan window (jendela) pada Windows XP memiliki struktur window yang hampir sama seperti pada versi Windows sebelumnya. Pada umumnya pada sebuah window terdapat title bar dan system buttons (tombol sistem). Jenis system button antara lain: minimize, maximize, close, dan help. Berikut ini adalah contoh tampilan window.


Tampilan window pada Windows XP

pengenalan windows xp


  • Pengenalan Desktop
Setelah tahap login, selanjutnya kita akan melihat ruang kerja Windows XP yang biasa disebut dengan desktop. Untuk pengoperasian Windows XP pertama kalinya, tampilan desktop akan tampak masih kosong, seperti pada Gambar 1.2 di bawah ini. Kita dapat menambahkan icon-icon pada area desktop ini sesuai dengan keinginan kita. Area desktop ini merupakan area kerja kita untuk menjalankan berbagai macam aplikasi-aplikasi serta mengakses dokumen-dokumen.

pengenalan windows xp
Tampilan desktop pada Windows XP

Desktop memiliki 3 bagian utama, antara lain:
  • Start menu
Berfungsi untuk memilih menu dan menjalankan program aplikasi yang diinginkan.
  • Taskbar
Berfungsi untuk menampilkan aplikasi-aplikasi yang sedang dijalankan.
  • Recycle Bin
Berfungsi untuk menampung sementara file-file dokumen yang dihapus oleh user.

Kita sudah mempelajari mengenai Pengenalan Windows XP, besok kita lanjutkan lagi pembahasan yang berbeda, jadi terus ikuti update artikel dari blog teknik komputer ini dengan cara subscribe dan follow blog teknik komputer ini, dan jika sobat tidak mau kehilangan halaman ini sobat bisa bookmark dengan cara tekan Ctrl dan tombol D secara bersamaan di keyboard sobat, oke segini dulu dan semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren