Carter Mobil

carter mobil

Jumat, 07 Desember 2012

Teknik Komputer - Display LCD





display lcd


Display LCD - Kita akan membahas topik teknik komputer yang baru dari kemarin yang membahas mengenai Cara Merakit PC dan sekarang kita akan mempelajari mengenai Display LCD. Oke yuk langsung aja kita simak dan pelajari.
  • Teori Dasar LCD
LCD (Liquid Crystal Display) adalah modul penampil yang banyak digunakan karena tampilannya menarik. LCD yang paling banyak digunakan saat ini ialah LCD M1632 refurbish karena harganya cukup murah. LCD M1632 merupakan modul LCD dengan tampilan 2x16 (2 baris x 16 kolom) dengan konsumsi daya rendah. Modul tersebut dilengkapi dengan mikrokontroler yang didesain khusus untuk mengendalikan LCD.
Mikrokontroler HD44780 buatan Hitachi yang berfungsi sebagai pengendali LCD memiliki CGROM (Character Generator Read Only Memory), CGRAM (Character Generator Random Access Memory), dan DDRAM (Display Data Random Access Memory).

LCD yang umum, ada yang panjangnya hingga 40 karakter (2x40 dan 4x40), dimana kita menggunakan DDRAM untuk mengatur tempat penyimpanan karakter tersebut.


display lcd


Alamat awal karakter 00H dan alamat akhir 39H. Jadi, alamat awal di baris kedua dimulai dari 40H. Jika Anda ingin meletakkan suatu karakter pada baris ke-2 kolom pertama, maka harus diset pada alamat 40H. Jadi, meskipun LCD yang digunakan 2x16 atau 2x24, atau bahkan 2x40, maka penulisan programnya sama saja.
CGRAM merupakan memori untuk menggambarkan pola sebuah karakter, dimana bentuk dari karakter dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan. Namun, memori akan hilang saat power supply tidak aktif sehingga pola karakter akan hilang. Berikut tabel pin untuk LCD M1632. Perbedaannya dengan LCD standar adalah pada kaki 1 VCC, dan kaki 2 Gnd. Ini kebalikan dengan LCD standar.

display lcd
Perlu diketahui, driver LCD seperti HD44780 memiliki dua register yang aksesnya diatur menggunakan pin RS. Pada saat RS berlogika 0, register yang diakses adalah perintah, sedangkan pada saat RS berlogika 1, register yang diakses adalah register data. Agar dapat mengaktifkan LCD, proses inisialisasi harus dilakukan dengan cara mengeset bit RS dan meng-clear-kan bit E dengan delay minimal 15 ms. Kemudian mengirimkan data 30H dan ditunda lagi selama 5 ms. Proses ini harus dilakukan tiga kali, lalu mengirim inisial 20H dan interface data length dengan lebar 4 bit saja (28H). Setelah itu display dimatikan (08H) dan di-clear-kan (01H). Selanjutnya dilakukan pengesetan display dan cursor, serta blinking apakah ON atau OFF.

display lcd

Gambar berikut menampilkan hubungan antara LCD dengan port mikrokontroler, biasa terdapat potensiometer untuk mengatur kontras/kecerahan dari LCD tersebut. Pada input LED, dipasang transistor sebagai penguat arus, sehingga dapat menampilkan cahaya LED yang cukup terang.

display lcd

Berikut adalah contoh program menampilkan pesan dengan geser kanan kiri dengan delay tertentu. Buatlah sebuah proyek baru dengan nama LCD, lalu masukkan kode berikut.

display lcd
display lcd
display lcd

display lcd

display lcd

Jika program di atas dijalankan, maka akan tampil pesan di atas dengan bergeser kanan kiri.
Alternatif lain di dalam pemrograman LCD adalah menggunakan software yang lebih mudah, seperti misalnya Bascom AVR (lihat www.mcselec.com). Software ini menggunakan bahasa Basic untuk AVR, mirip dengan Basic Stamp. Pada software tersebut sudah ada fungsi-fungsi penting yang siap digunakan, misalnya untuk LCD, kendali port, delay dan lain-lain.
Berikut contoh program untuk menampilkan animasi Data Logger di LCD menggunakan Bascom AVR, keypad membran 4x4, dan kit mikrokontroler SmartAVR.
Program pertama kali melakukan konfigurasi LCD sesuai pin yang digunakan pada LCD.

display lcd

Untuk menampilkan teks di LCD, cukup Anda gunakan fungsi LCD, begitu juga untuk menggeser karakter ke kanan dan ke kiri, Bascom AVR menyediakan berbagai fungsi yang memudahkan kita memprogram mikrokontroler.

display lcd

Berikut kode lengkap demo Data Logger berbasis Bascom AVR:

display lcd
display lcd
display lcd

display lcd

Selamat berkreasi mencoba animasi yang lain.

Kita sudah menyelesaikan pembahasan mengenai Display LCD, besok kita akan membahas topik yang berbeda dan bisa sobat pelajari hanya disini, jadi terus ikuti update artikel dari blog teknik komputer ini dengan cara subscribe dan follow blog teknik komputer ini, dan jika sobat tidak mau kehilangan halaman ini sobat bisa bookmark dengan cara tekan Ctrl dan tombol D secara bersamaan di keyboard sobat, oke segini dulu dan semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren