Carter Mobil

carter mobil

Selasa, 13 November 2012

Teknik Komputer - Operand


operand

Operand - Sebelumnya teknik komputer telah membahas Instruksi Mesin dan kali ini kita akan melanjutkan pembahasannya dan yang akan di bahas adalah pengalamatan operand, bingung dengan pembahasan kali ini, oke supaya ga bingung mari kita simak dan pelajari ampe selesai yuk.

Dalam mnemonic instruction dikenal tiga cara dalam pengalamatan operand, yaitu: instruksi 3 alamat (3 operand), 2 alamat (2 operand), dan instruksi 1 alamat (1 operand). Untuk lebih jelasnya, perhatikan kasus berikut ini: Sebuah statement arithmatika dituliskan sebagai berikut:
Y <-- (A-B) : (C+D*E) ; maka:


- Instruksi 3 alamat (dengan 3 operand)

operand









- Instruksi 2 alamat (dengan 2 operand)

operand











 
- Instruksi 1 alamat (dengan 1 operand)

operand















  • Tahapan Pemrosesan Instruksi
Pemrosesan instruksi yang dilakukan oleh CPU mencakup 2 tahap, yaitu: Instruction Fetch, dan Instruction Execute.
  1. Instruction Fetch => tahap pertama dari pemrosesan suatu instruksi oleh CPU, dimana proses CPU mengambil atau membawa atau menjemput instruksi dari main-memory ke CPU.
  2. Instruction Execute => tahap ke-2 dari pemrosesan instruksi oleh CPU, dimana terjadi proses dari CPU untuk mengerjakan instruksi yang sudah dijemput (fetch) dari main-memory dan sudah berada di Instruction Register, dan menyimpankan kembali ke main-memory setelah selesai dieksekusi.
Berikut akan diulas algoritma dua tahap pemrosesan instruksi tersebut, Algoritma Instruction Fetch:
  • Alamat dari instruksi yang ada di PC (Program Counter) diletakkan di MAR. Selanjutnya MAR dihubungkan ke main-memory dengan Address Bus, sehingga alamat dari instruksi tersebut dikirimkan ke main-memory lewat Address Bus.
  • Sementara itu Control Unit di CPU mengirimkan sinyal request membaca instruksi lewat bus untuk instruksi di alamat yang dikirimkan lewat Address Bus.
  • Setelah mengirimkan sinyal request tersebut, CPU menunggu sampai menerima sinyal jawaban dari main-memory yang dikirimkan balik lewat Control Bus bahwa pengiriman instruksi telah dilakukan dan telah ada di MDR lewat Data Bus.
  • Instruksi yang telah berada di MDR dipindahkan oleh CPU ke IR.
  • Alamat instruksi sebelumnya di PC (Program Counter) ditambah satu, yang merupakan alamat dari instruksi berikutnya di main-memory. Apakah yang dimaksud dengan Data Bus, Address Bus, dan Control Bus, dapat dijelaskan sebagai berikut:
- Data Bus => bus yang digunakan untuk jalur transportasi data dan instruksi.
- Address Bus => bus yang digunakan untuk jalur transportasi alamat di main-memory untuk data dan/atau instruksi yang akan diambil (loaded) atau akan direkamkan (stored).

Control Bus => bus yang digunakan untuk mengirimkan sinyal sebagai pemberitahuan akan dikirimkan suatu informasi atau telah diterimanya, informasi yang dikirimkan dari satu devices ke devices yang lain.
Algoritma Instruction Execute:
  • Bila operasi yang dilakukan membutuhkan data, maka data tersebut harus dijemput dari main-memory sebagai berikut:
- Alamat dari main-memory tempat data tersebut berada, yang ditunjukkan oleh operand alamat diletakkan di MAR dan dikirimkan ke main-memory melalui Address Bus.
- Control Unit mengirimkan sinyal request membaca isi dari alamat memori tersebut ke main-memory melalui Control Bus.
- CU (Control Unit) menunggu sinyal balik jawaban dari main-memory bahwa data yang di-request sudah dikirimkan dan sebagai hasilnya main memory mengirimkan data tersebut ke MDR melalui Data Bus.
- Data yang sudah berada di MDR dikirim oleh Control Unit ke Operand Register.
  • Data yang sudah ada di operand register tersebut, siap untuk diolah oleh ALU. Bila hasil pengolahan data akan direkam kembali ke main-memory, maka dapat diuraikan sebagai berikut:
- Alamat dari main-memory, dimana data ditampung, akan direkamkan yang ditunjukkan oleh operand alamat diletakkan di MAR, dan dikirimkan ke main-memory melalui Address Bus.
- Data hasil pengolahan yang berada di Accumulator dipindahkan ke MDR.
- CU (Control Unit) mengirimkan sinyal request tulis ke alamat memori tersebut, ke main-memory melalui Control Bus.
- CU (Control Unit) menunggu sinyal balik jawaban dari main-memory melalui Control Bus, bahwa perekaman data sudah dilakukan.

Kita sudah menyelesaikan pembahasan instruksi dalam CPU dan kita barusan telah sama-sama mempelajari mengenai pengalamatan Operand yang telah kita bahas di blog teknik komputer ini dan besok kita akan membahas dan mempelajari materi yang berbeda dan jangan sampai terlewat, jadi sobat musti follow dan subscribe blog teknik komputer ini agar setiap update artikel yang ada dan telah terpublish, sobat tak akan terlewatkan karena materi nya akan dikirim secara otomatis ke email sobat, dan jika sobat tidak ingin kehilangan halaman ini sobat bisa bookmark halaman ini dengan cara tekan tombol Ctrl dan tombol D di keyboard sobat secara bersamaan, oke segini dulu dari saya dan semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren