Carter Mobil

carter mobil

Minggu, 11 November 2012

Teknik Komputer - Instruksi Komputer


instruksi komputer
Instruksi Komputer - Kita akan membahas judul baru dan sebelumnya teknik komputer telah banyak membahas tentang CPU dan yang kemarin mengenai Register, sekarang kita akan membahas instruksi dalam CPU, yuk disimak dan sekalian sobat bisa belajar dan menambah wawasan terutama di bidang komputer.

Untuk menginstruksikan kepada hardware sistem komputer agar mengerjakan sesuatu, maka user harus menggunakan bahasa yang digunakan oleh sistem komputer tersebut. Sejumlah kata yang digunakan dalam bahasa mesin disebut instructions, sedangkan vocabulary-nya disebut instruction set. Bentuk instructions dan instruction set yang dijalankan pada sistem komputer ditulis dalam pemahaman user, namun dapat dibaca oleh mesin.

Setiap operasi Central Processing Unit (CPU) ditentukan oleh instruksi-instruksi yang dieksekusinya. Instruksi-instruksi ini dikenal sebagai machine-instruction (instruksi mesin) atau computer instruction (instruksi computer). CPU dapat melakukan bermacam-macam fungsi dan fungsi ini direfleksikan dalam berbagai instruksi CPU. Kumpulan fungsi yang dapat dieksekusi CPU ini disebut set instruksi (CPU Instruction Set).
Agar dapat dieksekusi, setiap instruksi harus berisi informasi yang diperlukan oleh CPU, skema berikut menggambarkan langkah-langkah yang terjadi dalam eksekusi instruksi dan bentuk elemen-elemen instruksi mesin:

instruksi komputer
Step-by-step eksekusi instruksi mesin
  • Ingat -> setiap tindakan/operasi pengambilan data dan/atau instruksi dari main-memory disebut load, sedangkan meletakkan ke mainmemory disebut store.

instruksi komputer
Siklus sederhana instruksi mesin

instruksi komputer
 Alur proses spesifik data/instruksi dalam processing-unit sistem
komputer modern

Dengan demikian, proses yang berlangsung dalam sebuah sistem komputer pada pokoknya berfokus pada relasi CPU dan main-memory, sehingga dikenal sebuah istilah yang disebut instruction-cycle. Instruction cycle adalah periode yang dibutuhkan oleh sebuah komputer untuk membaca dan
memproses instruksi dari memori, atau rentetan aksi pada CPU yang dilakukan untuk mengeksekusi setiap bahasa mesin yang terdapat dalam program. Setiap CPU memiliki cycle yang berbeda sesuai dengan set instruksi yang dimilikinya. Instruction Cycle dibagi menjadi dua cycle yaitu Fetch Cycle dan Execute Cycle.
  • Fetch Cycle -> mencakup langkah membaca instruksi dan/atau data dari memori utama.
  • Execute Cycle -> mencakup eksekusi instruksi yang ada dan menyimpan hasil instruksi.

instruksi komputer
Instruction Cycle

Oke sekian dulu belajar kita kali ini mengenai Instruksi Komputer, kita akan lanjutkan lagi pembahasan teknik komputer besok, jadi terus ikuti update artikel dari blog ini dengan cara subscribe dan follow blog teknik komputer ini, dan jika sobat tidak mau kehilangan halaman ini sobat bisa membookmark dengan cara tekan Ctrl dan tombol D secara bersamaan di keyboard sobat, oke segini dulu dan semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren