Carter Mobil

carter mobil

Senin, 19 November 2012

Teknik Komputer - Hirarki Memory


hirarki memory

Hirarki Memory - Mari kita lanjutkan pembahasan kita yang sebelumnya telah kita pelajari di blog teknik komputer ini mengenai Virtual Memory dan kita akan lanjutkan dengan membahas tentang Hirarki memori, oke yuk langsung aja kita simak dan kita pelajari agar menambah pengetahuan dan wawasan.

Hirarki memori adalah suatu acuan yang digunakan oleh para perancang untuk menyetarakan kapasitas, waktu akses, dan harga memori untuk setiap bitnya.
Hirarki memori disusun sedemikian rupa agar semakin ke bawah memori dapat mengalami hal-hal berikut :
  1. Peningkatan waktu akses memori (semakin ke bawah semakin lambat, semakin ke atas semakin cepat)
  2. Peningkatan kapasitas (semakin ke bawah semakin besar, semakin ke atas semakin kecil.
  3. Peningkatan jarak dengan prosesor (semakin ke bawah semakin jauh, semakin ke atas semakin dekat)
  4. Penurunan harga memori tiap bitnya (semakin ke bawah
    semakin murah, semakin ke atas semakin mahal.
Hirarki Memori

Memori yang lebih kecil, lebih mahal diletakkan di posisi teratas dan yang paling dekat dengan prosesor. Urutannya sebagai berikut;
  • Register Mikroprosesor. Ukurannya paling kecil tapi kecepatannya paling cepat. Umumnya 1 siklus cpu aja.
  • Cache mikroprosesor disusun berdasarkan kedekatannya dengan prosesor (level-1, level-2, level-3, dan seterusnya). Memori cache mikroprosesor dikelaskan ke dalam tingkatan-tingkatannya sendiri:
- level-1: memiliki ukuran paling kecil di antara semua cache, sekitar puluhan kilobyte saja. Kecepatannya paling cepat di antara semua cache.

- level-2: memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan cache level-1, yakni sekitar 64 kilobyte, 256 kilobyte, 512 kilobyte, 1024 kilobyte, atau lebih besar. Meski demikian, kecepatannya lebih lambat dibandingkan dengan level-1, dengan nilai latency kirakira 2 kali hingga 10 kali. Cache level-2 ini bersifat opsional. Beberapa prosesor murah dan prosesor sebelum Intel Pentium tidak memiliki cache level-2.

- level-3: memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan cache level-2, yakni sekitar beberapa megabyte tapi agak lambat. Cache ini bersifat opsional. Umumnya digunakan pada prosesor-prosesor server dan workstation seperti Intel Xeon atau Intel Itanium.
Beberapa prosesor desktop juga menawarkan cache level-3 (seperti halnya Intel Pentium Extreme Edition), meski ditebus dengan harga yang sangat tinggi.
  • Jika Memori utama: memiliki akses yang jauh lebih lambat dibandingkan dengan memori cache, dengan waktu akses hingga beberapa ratus siklus CPU, tapi ukurannya mencapai satuan gigabyte. Waktu akses pun kadang-kadang tidak seragam, khususnya dalam kasus mesin-mesin Non-uniform memory access (NUMA).
  • Cache cakram magnetik, yang sebenarnya merupakan memori yang digunakan dalam memori utama untuk membantu kerja cakram magnetis.
  • Cakram magnetik : salah satu contoh dari cakram magnetis adalah Hard Disk. Kecepatan membacanya jauh lebih lambat dari memori utama.
  • Tape magnetik : contoh dari tape magnetis adalah kaset video. Pembacaan datanya jauh lebih lambat dari cakram magnetic. Hal ini bisa dilihat dari seberapa cepat kaset tape atau video bisa kita putar.
  • Cakram Optik : contoh dari cakram optic adalah DVD dan CD. Pembacannya jauh lebih lambat dari cakram magnetic. Hirarki ini juga dibuat sedemikian rupa agar mekanisme transfer data bisa berjalan dengan lebih teratur dari level terendah sampai teratas.

Kita sudah menyelesaikan mengenai Hirarki Memory, dan ini merupakan pembahasan terakhir dari pembahasan kita mengenai teknologi memori, dan besok kita sambung lagi dengan pembahasan yang lebih menarik lagi untuk bisa sobat pelajari dan tentunya bisa menambah pengetahuan dan wawasan sobat, jadi terus ikuti update artikel dari blog teknik komputer ini dengan cara subscribe dan follow blog teknik komputer ini, dan jika sobat tidak mau kehilangan halaman ini sobat bisa bookmark dengan cara tekan Ctrl dan tombol D secara bersamaan di keyboard sobat, oke segini dulu dan semoga bermanfaat.


2 comments :

Anonim mengatakan...

Website yang sulit untuk berbagi artikel ,,,
#Tidak_bisa dicopy

Malindra Novan mengatakan...

klo ga bisa di copi, ane ada ebook nya
add pin bb saya 763 197 78, ntar saya kasi lwat bb

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren