Carter Mobil

carter mobil

Senin, 26 November 2012

Teknik Komputer - Device


device

Device - Mari kita lanjutkan lagi pembahasan teknik komputer yang kemarin, yang sama-sama kita pelajari kemarin adalah mengenai Memory dan sekarang kita akan mempelajari mengenai input dan ouput Device, yuk langsung aja kita simak dan pelajari.

I/O device adalah perangkat yang menjadi penghubung antara manusia dan mesin. Perangkat ini menerima masukan dari manusia dan merepsentasikan data yang telah diolah dalam format yang dapat dimengerti oleh manusia.
Sebuah sistem komputer selain memiliki alat pemroses (CPU) juga harus memiliki I/O device, yang merepresentasikan hasil perhitungan kepada pengguna. kali ini akan dibahas komponen I/O yang memebentuk suatu I/O system.
  • Pendahuluan
Dalam melaksanakan kerjanya, komputer selalu berhubungan dengan pihak luar dengan perantara I/O device,Inout device akan menerima data dan masukan lainnya untuk diproses dan output device akan merepresentasikan hasil perhitungan tadi dengan format yang dikehendaki oleh pengguna. Terdapat dua bagian penting yang membangun suatu I/O system, yaitu I/O bus dan I/O device. I/O device adlah alat-alat I/O yang digunakan pada suatu komputer sedangkan I/O bua adalah tipe kanal atau interface yang digunakan oleh I/O device tersebut, seperti ISA, PCI, PCI express dan sebagainya.
  • I/O System Architecture
I/O device diatur melalui southbridge yang terdapat dalam suatu komputer (motherboard). Dalam perkembangannya, southbridge biasanya dibantu oleh suatu super I/O controller yang bertugas mengatur kerja I/O yang memiliki fungsi kerja yang tidak begitu membutuhkan prioritas.



Untuk menentukan kinerja I/O system dapat digunakan dua acuan”
  1. Nilai Latency, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk melakukan transfer data dengan ukuran terkecil. Satuan latency adalah detik.
  2. Bandwidth, yaitu banyaknya data maksimal yang dapat ditransfer dalam satuan waktu. Satuan dari bandwidth adalah Byte/s.
Dari dua acuan diatas, waktu untuk melakukan transfer data dapat dihitung dengan pendekatan sebagai berikut:

Waktu = latency + ukuran data yang akan ditransfer/ bandwidth


Oke sekian dulu belajar kita kali ini mengenai Device, kita akan lanjutkan pembahasannya besok, jadi terus ikuti update artikel dari blog teknik komputer ini dengan cara subscribe dan follow blog teknik komputer ini, dan jika sobat tidak mau kehilangan halaman ini sobat bisa bookmark dengan cara tekan Ctrl dan tombol D secara bersamaan di keyboard sobat, oke segini dulu dan semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren