Carter Mobil

carter mobil

Kamis, 08 November 2012

Teknik Komputer - CPU


cpu

CPU - Kita akan belajar mengenai CPU dan sebelumnya teknik komputer telah membahas mengenai Representasi Data dan sekarang kita akan mengulas mengenai CPU yang merupakan kepanjangan dari Central Processing Unit, oke yuk langsung disimak.

Unit yang bertanggung jawab untuk urusan pemrosesan dan pengolahan data dalam sistem komputer adalah Central Processing Unit (CPU). Kebanyakan orang awam salah mengartikan istilah CPU ini sebagai semua komponen-komponen mikroleketronika dalam satu unit komputer di luar monitor komputer, keyboard, dan mouse; yakni isi dalam sebuah casing komputer.
Padahal isi dalam casing komputer faktanya tidak hanya terdiri dari CPU saja, melainkan ada unit lain yang disebut dengan memory dan hard-disk. Untuk itu dalam pembahasan kali ini akan mengulas dan mengekplorasi seluk-beluk dan apa yang dimaksud dengan CPU, agar tidak terjadi salah pengertian dan pemahaman lagi bahwa CPU bukan sekedar isi dalam casing komputer.

Sebuah sistem komputer pada dasarnya turunan (varian) dari salah satu contoh sebuah system. Seperti diketahui bersama, bahwa sebuah sistem terdiri dari tiga elemen (unit) utama yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan/hasil tertentu, yakni: masukan (input), pemroses (processor) dan keluaran (output).


cpu
Sistem sederhana
Begitu halnya dengan sebuah sistem komputer terdiri dari alat masukan, alat pemroses, dan alat keluaran. Alat pemroses dari sistem komiter terdiri dari dua elemen (unit), yaitu Central Processing Unit (CPU) dan main-memory.
Dengan demikian istilah CPU yang identik dengan isi dalam casing komputer adalah salah besar.
Sebuah Central Processing Unit (CPU) sistem komputer terdiri dari: Control Unit (CU), Arithmetic and Logic Unit (ALU), dan register.

cpu
Untuk menjelaskan bagaimana mekanisme kerja CPU, maka perlu dibahas terlebih dahulu perihal jenis-jenis simpanan (memori) yang dikenal dan digunakan dalam sistem komputer.
Dalam sistem komputer klasifikasi memori yang dikenal adalah:
  • Register
  • Main-memory: digunakan menampung data dan/atau instruksi yang akan diproses dan hasil pengolahan.
  • External-memory, terbagi ada dua bagian berdasar letaknya terhadap sistem komputer, yakni:
    o Secondary-memory: menyimpan data/program secara permanen dalam rentang waktu lama; lokasinya di luar processing-devices namun masih di dalam sistem komputer. Untuk itu disarankan agar tidak secara frequently men-diskoneksi-kan external-memory dari sistem komputer-nya. Contoh: Hard-disk.

    
    cpu
    Secondary-memory
    o Archival-memory: menyimpan data/program secara permanen dalam rentang waktu lama; namun lokasinya di luar sistem komputer.
    Dibuat untuk tujuan mem-back-up (supporting) terhadap kapasitas external-memory. Oleh disebabkan sebagai supporting terhadap external-memory, disarankan agar tidak memfungsikan archivalmemory sebagai Hard-disk, terlebih mengkoneksikannya ke sistem komputer dalam rentang waktu lama, karena supply listrik yang mengalir terlalu lama kadang kala akan membuat sirkuit pada archival-memory rusak (cepat aus). Contoh: tape-disk, floppy-disk, CD, DVD, USB-disk.
 
cpu
Archival-memory



Skema sederhana Sistem Komputer modern

Oke sekian dulu pembahasan CPU pada kali ini, dan kita akan lanjutkan belajar nya besok lagi ya.. Tentunya di postingan teknik komputer selanjutnya, biar ga bosen gitu... Jadi jangan ampe ketinggalan ya setiap update artikel yang ada di teknik komputer ini, klo ga mo ketinggalan tiap update nya monggo di follow dan di subscribe blog ini dan klo mo di simpan halaman ini bisa di bookmark dengan cara tekan tombol Ctrl dan huruf (d) di keyboard sobat secara bersamaan. Semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren