Carter Mobil

carter mobil

Jumat, 23 November 2012

Teknik Komputer - Bus


bus


Bus - Mari kita lanjutkan lagi pembahasan teknik komputer yang kemarin, yang sama-sama kita pelajari kemarin adalah mengenai Computer System Organization dan sekarang kita akan mempelajari mengenai Bus, yuk langsung aja kita simak dan pelajari.

Bus adalah jalur yang menghubungkan komponen-komponen yang terdapat di komputer. Wujud fisik bus adalah jalur-jalur pada sirkuit elektronik yang dilalui oleh sinyal listrik. Dalam suatu desain komputer, bus dapat dibagi menjadi tiga, data bus, adderss bus dan control bus. Besar bus didefinisikan dalam satuan bit. Data bus adalah jalur yang digunakan oleh komponen komputer untuk bertukar data. Lebar data bus menentukan jumlah maksimal data yang dapat dikirim dalam satu satuan waktu. Komputer modern dapat memiliki data bus sebesar 8 bit, 16 bit, 32 bit atau 64 bit. Walaupun masih terdapat perdebatan, data bus dihitung dari jumlah terbesar dari register integer general purpose. Jadi jika sebuah prosesor memiliki lebar data bus 64 bit tetapi hanya memiliki register integer general purpose sebesar 32 bit, prosesor tersebut dikategorikan sebagai prosesor 32 bit.
Data bus digunakan untuk mengirim data dari CPU dari dan ke alamat memori atau I/O device tertentu. Untuk mengetahui alamat memori atau alamat I/O device tertentu, digunakan address bus. Karena bus bekerja secara elektronik dan diterjemahkan ke dalam bilangan biner, maka banyaknya alamat memory dan alamat I/O device sama dengan 2n, dimana n adalah lebar address bus.


Control bus mengatur kapan suatu perangkat aktif. Pengaturan ini dibutuhkan agar tidak terjadi tabrakan data pada data bus. Bus pada komputer pada umumnya diatur oleh controller yang biasa disebut juga dengan chipset atau bridge. Komputer dengan satu processor atau satu core processor biasanya memiliki dua buah bridge, northbridge dan southbridge. Northbridge mengatur pertukaran data antara processor, graphic card (PCI Express atau AGP) dan memory (RAM) sedangkan northbridge mengatur pertukaran data antar I/O device. Bus yang bekerja antara CPU, graphic card dan RAM dinamakan frontside bus, sedangkan antara southbridge dan I/O device dinalakan Low Pin Count (LPC) bus. Bus yang menghubungkan northbridge dan southbridge dinamakan internal bus. Intel menamakan northbridge Memory Controller Hub (MCH) dan southbridge I/O Controller Hub (ICH).



Dengan berkembangnya prosesor multi-core, arsitektur ini dirasakan tidak mampu menangani lalu lintas data yang semakin padat, karena hanya terdapat satu jalur bus yang digunakan oleh semua processor. Untuk mengatasi hal ini Intel menggunakan suatuarsitektur yang disebut Quick Path Interconnect (QPI) sedangkan AMD mengembangkan teknologi HyperTransport dalam menggantikan frontside bus.


Dengan QPI, masing-masing processor memiliki akses tersendiri ke memory dan I/O controller sehingga bottleneck yang terjadi apabila menggunakan frontside bus dapat dihindari. Pendekatan HyperTransport (HT) sedikit berbeda dengan QPI. Dengan HT, masing-masing node (northbridge) dapat memiliki hubungan dengan semua northbridge lainnya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:





Oke sekian dulu belajar kita kali ini mengenai Bus, kita akan lanjutkan lagi pembahasan teknik komputer besok, jadi terus ikuti update artikel dari blog ini dengan cara subscribe dan follow blog teknik komputer ini, dan jika sobat tidak mau kehilangan halaman ini sobat bisa bookmark dengan cara tekan Ctrl dan tombol D secara bersamaan di keyboard sobat, oke segini dulu dan semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren