Carter Mobil

carter mobil

Rabu, 31 Oktober 2012

Teknik Komputer - Komputer Software


komputer software

Komputer Software - Ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya, postingan teknik komputer sebelumnya mengenai konsep sistem komputer yang mengulas mengenai Komputer Hardware, kali ini akan dibahas mengenai software, oke mari disimak dan dipelajari.

Komputer merupakan mesin yang memproses data menjadi suatu informasi. Komputer digunakan users untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah software atau perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.
  • Klasifikasi perangkat lunak
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
1. System Software:
  • Operating System (OS) merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna.
Contoh sistem operasi: MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
  • Programming Languages merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain.
Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan “bahasa manusia”. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu per satu terhadap instruksi komputer.

- Contoh bahasa, tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll,

- Contoh bahasa, tingkat menengah : bahasa C.
  • System Utility merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti antivirus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll.
Contoh produk program utilitas: Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll.

2. Application Software
  • Custom-made Software / Custom Software / Tailor-made Software merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik.
Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi
manufaktur, dll.
  • Commercial Software / Package Software :
  1. wordprocessor,
  2. desktop publishing,
  3. spareadsheet,
  4. database management system,
  5. graphics software, dsb
komputer software
software komputer
>Perangkat Lunak Gratis
1. Freeware adalah perangkat lunak bebas yang mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak. Suatu program merupakan perangkat lunak bebas, jika setiap pengguna memiliki semua dari kebebasan tersebut. Dengan demikian, kita seharusnya bebas untuk menyebarluaskan salinan program itu, dengan atau tanpa modifikasi (perubahan), secara gratis atau pun dengan memungut biaya penyebarluasan, kepada siapa pun dimana pun. Kebebasan untuk melakukan semua hal di atas berarti kita tidak harus meminta atau pun membayar untuk ijin tersebut. Ada beberapa kategori yang dikatakan freeware :
  • Copylefted: Copyright pada author, contoh LGPL dan GPL, jadi perubahan dan distribusinya bisa dilakukan tanpa ada batasannya.
  • Non Copylefted : free software yang mengizinkan distribusi ulang atau modifikasi dengan menambahkan batasan baru, sehingga setiap kopi software ini, dalam bentuk binary ataupun termodifikasi bisa menjadi proprietary software. Contoh : X Window System.
  • Non Copyrighted: public domain yang terdiri dari pekerjaan kreatif dan pengetahuan lainnya; tulisan, hasil seni, musik, sains, penemuan, dan lainnya; yang tidak ada seseorang atau suatu organisasi memiliki minat proprietari. (minat proprietary biasanya dilakukan dengan sebuah hak cipta atau paten.) Hasil kerja dan
    penemuan yang ada dalam domain umum dianggap sebagai bagian dari warisan budaya publik, dan setiap orang dapat menggunakan mereka tanpa batasan (tidak termasuk hukum yang menyangkut keamanan, ekspor, dll.). Contoh : STP MP3 Player.
  • Copyrighted pada author: MIT license, BSD license, Apache license.
2. Semi-Free Software : Software yang non-free, namun mengizinkan untuk menggunakan, mendistribusikan, dan memodifikasinya untuk kepentingan nonprofit. Contoh : PGP

>Perangkat Lunak dengan hak cipta
  • Open Source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu orang/lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
  • Evaluation Copy/Trial /Preview/Demo adalah software yang dapat Anda gunakan tapi ada batasan waktu atau jumlah pengguna, atau ada trialware yang menonaktifkan beberapa fungsi dari software tersebut.
  • Copyrighted software
  • Shareware : Shareware adalah perangkat lunak yang membatasi penggunanya dengan mengurangi fitur-fitur tertentu atau membatasi masa penggunaannya selama jangka waktu tertentu ataupun juga penggabungkan kedua hal ini. Tujuan dari publikasi shareware adalah untuk berbagi fungsi dan keunggulan perangkat lunak itu kepada konsumen sehingga konsumen bisa berkesempatan mencoba secara langsung perangkat lunak tersebut untuk kemudian memutuskan tidak lagi memakai software tersebut atau membeli versi penuhnya. Contoh : Winzip, mIRC, MusicMatch Jukebox, Real Jukebox.
Istilah yang terkait dengan software lainnya
  1. Adware : Varian dari freeware yang menampilkan iklan pada tampilan software (umumnya berupa banner). Contoh : GoZilla!, JetAudio (mulai versi 4.7), Eudora Pro (mulai versi 4.2), Opera (mulai versi 5).
  2. Spyware : Suatu istilah untuk menyebut software yang 'membonceng' sebuah adware, yang bertugas mendownload iklan untuk ditampilkan pada adware tersebut. Namun, spyware umumnya juga melakukan 'penyadapan' data teknis komputer yang ditempatinya dan dikirimkan saat komputer itu online.
  3. Nagware : Varian dari shareware yang selalu menampilkan layar peringatan setiap digunakan, layar ini akan hilang jika software diregistrasi (dengan membayar), namun software itu sendiri masih berfungsi secara normal walaupun tidak diregistrasi. Contoh : ACDSee (sampai versi 2.42), WinZip, mIRC.
  4. Stripware : Varian dari freeware yang menawarkan versi gratis dari software komersial dengan fasilitas yang terbatas, biasanya ditandai dengan pemberian nama Personal Edition/Lite Version/Basic. Contoh : Eudora Lite, Real Player Basic, Linux (distribusi Corel).
  5. Optionware :Varian dari freeware yang meminta imbalan secara sukarela dalam bentuk selain uang, misalnya : e-mail (mailware), prangko (stampware), surat/kartupos, dll, bahkan ada yang meminta anda untuk menyumbangkan sejumlah uang kepada yang membutuhkan, bahkan ada yang hanya meminta Anda untuk berhenti menggerutu tentang sulitnya hidup (!). Contoh : Arachnophilia.
  6. Alpha Version : Software proprietary yang telah selesai pengkodeannya dan dapat digunakan, namun masih harus menjalani pengujian internal (dalam lingkungan pembuatnya). Contoh : Mozilla.
  7. Beta Version : Software proprietary yang telah selesai pengkodeannya dan dapat digunakan, namun masih harus menjalani pengujian eksternal (di luar lingkungan pembuatnya). Software beta bisa gratis, bisa juga komersial. Contoh : ICQ.
  8. Commercial Sofware : Software yang dijual dan dilindungi hak cipta (copyright), dapat bersifat open source atau closed source (proprietary). Contoh : Zope, GNU Ada.
  9. Proprietary Software : Software komersial yang bersifat closed source, merupakan kebalikan dari free software. Contoh : MS Windows, MS Office.
Data berasal dari bahasa latin yakni datum yang artinya adalah sesuatu yang diberikan. Di dalam komputer terdapat tiga buah tipe data dasar, yaitu:
  1. bilangan bulat atau dikenal dengan nama integer,
  2. bilangan pecahan atau yang biasanya dikenal dengan floating point,
  3. simbol atau karakter.
komputer software
Data

Komputer merepresentasikan data dalam bentuk biner karena setiap sel atau bit data dalam komputer hanya dapat menyimpan dua macam keadaan, yaitu tegangan tinggi dan tegangan rendah. Perbedaan tegangan tersebut mewakili nilai TRUE dan FALSE, atau bit 1 dan 0.

Kita sudah belajar secara lengkap konsep sistem komputer dari Computer System, Komputer Hardware dan terakhir yang barusan kita pelajari Komputer Software, terus ikuti setiap pembahasan artikel teknik komputer yang akan memberikan pelajaran mengenai komputer baik hardware maupun software, baik online maupun offline,  pokoknya seputar dunia komputer, silahkan subscribe dan follow agar update artikel di blog teknik komputer ini terkirim ke email nya sobat, jika sobat tidak mau hilang materi pembahasan di halaman ini, sobat bisa bookmark dengan cara tekan tombol Ctrl dan tombol huru (d) yang ada di keyboard komputer atau laptop sobat, oke sekian dan semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren