Carter Mobil

carter mobil

Rabu, 24 Oktober 2012

Teknik Komputer - Komputer Generasi Pertama


komputer generasi pertama


Komputer generasi pertama - blog teknik komputer melanjutkan pembahasan sebelumnya mengenai Sejarah Komputer, nah sekarang ini kita akan mulai dari generasi pertama, yuk disimak.

Generasi Pertama (1940-1959)
Generasi ini dimulai dengan dibuatnya sebuah mesin yang bernama ENIAC pada, 5 June 1943, yang merupakan singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Computer, yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, 10000 kapasitor, 75000 relay dan saklar, luas tempat lebih dari 500 m2, volume 105 m3 dan 5 juta titik solder. Berat komputer ini lebih dari 30 ton, dan mengkonsumsi daya sebesar 160kW. ENIAC merupakan komputer digital pertama. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan Dr. John W.Mauchly (1907-1980).

Professor Howard Aiken, ahli matematika dari Harvard University, membuat computer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis dengan nama HARVARD MARK I ASCC (Automatic Sequence-Controlled Calculator) 1944).
Pada pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bersama dengan H. H. Goldstine dan A.W. Burks, bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun setelahnya masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung program dan data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah Central Processing Unit (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.

komputer generasi pertama
EDVAC
Tahun 1951, Universal Automatic Computer I (UNIVAC I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat maupun General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

komputer generasi pertama
UNIVAC
Komputer-komputer generasi pertama lainnya :
1. HARVARD MARK II (1947)

2. IBM Selective Sequence Electronic Calculator yang berisi 12500 tabung dan 21500 relay (1948)

3. HARVARD MARK III (1949)

4. ACE (Automatic Calculating Engine) oleh Alan M. Turing di National Physical Laboratory, London, 1950.

5. IBM 701, IBM 650, IBM 705

  • Komputer generasi pertama memiliki karakterisitik :
1. instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu
 
2. Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (Vocuum tube) untuk sirkuitnya.

3. Programnya hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language).

4. Menggunakan konsep stored program dengan memory utamanya adalah magnetic core storage.

5. Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.

6. Ukuran fisik computer besar, memerlukan ruangan yang luas.

7. Cepat panas,sehingga memerlukan pendingin.

8. Prosesnya lambat.

9. Simpanannya kecil.

10. Membutuhkan daya listrik yang besar.

11. Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis.

komputer generasi pertama
Komputer Generasi Pertama

Oke sekian dulu pembahasan Komputer Generasi Pertama di blog teknik komputer ini, artikel selanjutnya akan melanjutkan pembahasan ini jadi jangan sampai terlewatkan setiap update artikel di blog teknik komputer ini, caranya dengan mem follow dan men subscribe blog ini, dan jika ingin mem bookmark halaman ini, tinggal tekan tombol Ctrl + D (tekan secara bersamaan), sekian dulu dan semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren