Carter Mobil

carter mobil

Jumat, 26 Oktober 2012

Teknik Komputer - Komputer Generasi Ketiga


komputer generasi ketiga


Komputer Generasi Ketiga - Kita lanjutkan kembali pembahasan teknik komputer sebelumnya yang membahas Komputer Generasi Kedua, yuk disimak.

Generasi Ketiga (1964-1970)
Walaupun transistor dalam banyak hal mampu mengungguli tabung vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Akhirnya ditemukan bahwa batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan integrated circuit (IC) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Komputer generasi ke 3
Secara garis besar komputer pada generasi ketiga memiliki ciri-ciri :
1. Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits), yang berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits. Hybrid integrated circuit atau solid logic tehnology (SLT) adalah transistor dan dioda yang diletakan secara terpisah dalam satu tempat.

2. Peningkatan dari soft warenya.
3. Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatan hampir 10000 kali dari komputer generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah microseconds (jutaan operasi perdetik). Bahkan sampai nanosecond (milyard oprasi perdetik).
4. kapasitas memori komputer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
5. Menggunakan penyimpan luar sifatnya random acces (dapat memasup record data secara random), yaitu disk magnetik yang kapasitas besar (jutaan kharakter).
6. Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya.
7. Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming, yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.
8. Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik dapat menerima dan mengeluarkan suara serta penggunaan alat pembaca tinta mengetik yaitu MICR (magnetic lnk characters recognition) reader.

9. Harga semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya.

10. Kemampuan melakukan komunikasi data dari suatu komputer dengan komputer lainnya misalnya lewat alat komunikasi telepon.

Oke kita telah menyimak Komputer Generasi Ketiga, pembahasannya masih berlanjut jadi terus ikuti update artikel postingan teknik komputer ini, dengan cara follow dan subscribe, kalau sobat tidak mau kehilangan materi halaman ini silahkan bookmark, caranya tekan Ctrl + D pada keyboard secara bersamaan, oke sekian dulu postingan teknik komputer kali ini, semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren