Rabu, 10 Oktober 2012

Teknik Komputer - Cara Membuka Regedit


Cara Membuka Regedit

Cara Membuka Regedit - Ini adalah lanjutan artikel teknik komputer sebelumnya yang membahas mengenai Menghilangkan Virus, yang di bahas kali ini bagaimana cara membuka regedit dan mempelajari regedit, oke yuk langsung aja kita simak pembahasannya.

Selain tools standar Windows, msconfig, ada juga yang disebut Registry Editor atau biasa disebut Regedit. File yang mengaktifkan program ini adalah regedit.exe. Registry Editor adalah program yang dapat dipakai untuk mengatur konfigurasi autorun. Untuk memanggil program AutoRun Regidit ikuti langkah-langkah ini:
1. Klik menu Start – pilih Run.
2. Tuliskan regedit.
3. Tekan Enter atau OK.

cara membuka regedit
Memanggil regedit dengan Run

Catatan:
sebelum Anda melakukan perubahan pada registry, saya sangat menyarankan agar Anda melakukan Back-up terlebih dahulu pada registry. Dengan cara:
1. Pilih menu File – Export….
2. Pilih All pada Export range.
3. Tentukan nama dan tempat, kemudian klik tombol Save.
Program Registry Editor akan muncul, lalu pergilah ke lokasi:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run

Klik berulang kali pada subkey yang terlihat, sehingga lokasi tersebut dapat ditemukan.

Cara Membuka Regedit
Lokasi yang akan kita periksa
Pada subkey Run inilah biasanya virus akan menuliskan value baru untuk dapat mengaktifkan program virus. Karena kita bermaksud memeriksa dan menghilangkan program virus dari startup Windows, maka kliklah nama value virus dan tekan DEL lalu tekan Yes/Enter.

Sebagai contoh, Anda ingin menghapus program yang dicurigai dengan nama value App dengan type REG_SZ dan dengan data C:\pServerMouse.exe, maka sorotlah program tersebut, klik kanan – delete, kemudian klik Yes/Enter. Dan jika Anda ingin mengembalikan program yang terlanjur Anda delete, maka terpaksa Anda harus mengetik kembali nama value yang diinginkan atau membuka file backup yang sebelumnya telah Anda buat.
selain lokasi pencarian yang sudah diterapkan diatas, masih ada lokasi yang perlu kita periksa untuk mencari keberadaan virus, diantaranya:


HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsift\Windows\CurrentVersion\RunOnce

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\RunOnceEx

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Run

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya virus banyak yang menggunakan nama yang dapat mengecoh. Jika Anda menemukan suatu nama yang menurut Anda aneh langsung tekan DEL dan tidak akan mengganggu k0mputer Anda lagi.

Oke sekian dulu pembahasan cara membuka regedit dan cara menjalankannya, dan nantikan setiap update artikel di blog teknik komputer ini yang membahas mengenai permasalahan komputer dan pemecahannya, silahkan di subscribe dan di follow blog teknik komputer ini agar sobat mendapatkan setiap update artikel dan sobat bisa belajar dan mendapatkan manfaat dari artikel yang saya berikan, sekian dari saya dan semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren