Carter Mobil

carter mobil

Minggu, 11 Maret 2012

Komputer Tidak Dapat Start: Pesan Error Sebelum Masuk Windows




Berurusan dengan komputer yang tampak mulai menyala tapi tiba-tiba berhenti dan memunculkan pesan error sebelum memuat Windows merupakan salah satu situasi yang membingungkan yang dialami pengguna komputer. Untunglah, pesan-pesan ini memang ada sebab dan alasannya. Seringkali (tapi tidak selalu), hal ini menunjukkan adanya masalah yang ringan.

-Mudah diperbaiki

Jika pesan error menawarkan pilihan Last Known Good Configuration atau Safe Mode, masalah ada hubungannya dengan startup windows. Pilihan Last Known Good Configuration dapat mengatasi masalah yang tidak kita ketahui penyebabnya. Safe mode merupakan pilihan yang tepat bila sobat, baru saja memasang perangkat keras yang baru.
Pastikan tidak ada media penyimpan seperti disket, CD, flashdisk, yang terpasang di drive manapun.
Jika sobat melihat sebuah pesan error yang berhubungan dengan keyboard, biasanya dikarenakan kabelnya yang mulai longgar. Kalau bukan karena kabelnya, pastikan tidak ada tombol yang macet dan pin-pin penghubungnya dalam keadaan baik. Jika masih saja tidak berfungsi, ganti saja dengan keyboard baru - rata-rata harga keyboard berbagai model sekarang ini cukup murah.

-Masalah Memori dan Sejenisnya
Pesan error ini menunjukkan adanya masalah pada modul memori. Lepaskan modul memori dan pasang kembali pada slot yang lain dengan hati-hati. Jika komputer dapat restart dengan baik maka masalahnya ada pada slot memori yang tadi, jika komputer tidak dapat restart kemungkinan modul memorinya sendiri yang bermasalah.

-Interupsi tiba-tiba dalam mode proteksi
Hal ini mengindikasikan adanya perubahan yang tidak sesuai dengan BIOS (Basic Input/Output System). Masuklah pada menu seting BIOS dan cari pilihan untuk mengembalikan BIOS ke posisi default-nya.

-Hilangnya file NTLDR
NTLDR (ingat NT Loader) merupakan file pertama yang dijalankan ketika proses booting; file ini dapat hilang, tidak sengaja terhapus, atau korup. Kembalikan file NTLDR menggunakan CD setup Windows XP melalui Console Recovery. Di dalam jendela Command Prompt, ketikkan cd .. dan tekan ENTER. Ketikkan label drive CD-ROM (biasanya D:, kecuali ada drive yang lain) dan tekan Enter. Ketikkan cd i386 dan tekan ENTER. Ketik copy ntldr c: dan tekan ENTER. ketik copy ntdetect.com c: dan tekan ENTER. (Ntdetect.com merupakan file booting lain, yang ketika terhapus dapat membentuk file NTLDR.)
Setelah proses penyalinan selesai, ketik Exit dan tekan ENTER. Komputer akan restart.


Ikuti panduan selanjutnya Cara Mengatasi Ketika... Komputer Tidak Dapat Start....


Sekian dulu postingan q pada kesempatan kali ini, terima kasih udah nyimak ampe' akhir... Jangan lupha klo ada yang mo ditanyakan monggo ditulis di dalam komentar, aq akan jawab komentar yang masuk.... Thanx...


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren