Carter Mobil

carter mobil

Selasa, 20 Maret 2012

Mode Hardisk SATA ke ATA Melalui Bios


Dewasa ini hampir semua laptop terbaru telah menggunakan hardisk model sata. Hardisk model sata selain menggunakan kabel yang lebih kecil juga menawarkan kecepatan lebih tinggi dari ATA. Sayangnya windows xp belum mensuport fitur ini. jadi windows xp tidak bisa diinstal pada laptop yang menggunakan hardisk tipe SATA. Yang telah mendukung adalah windows vista dan windows seven. Namun jika kamu tetap ngotot ingin menginstall windows xp pada laptop kamu, jangan khawatir karena ada caranya. yaitu dengan menonaktifkan mode SATA atau beralih ke mode ATA. dengan cara ini kamu bisa menginstall windows xp, namun fitur yang ditawarkan SATA tidak akan berfungsi, karena SATA nya dinokatifkan.
Bagi kamu yang belum mengerti bagaimana cara mengganti atau merubah hardisk dari mode SATA ke ATA silahkan simak panduan di bawah ini.

1.  Untuk mengganti dari SATA ke ATA kita harus masuk ke  bios setup. Panduan di bawah ini yang digunakan adalah bios America Megatrend pada laptop asus. Untuk masuk pada halaman bios ini, nyalakan nyalakan laptop, kemudian tekan tombol delete pada keyboard berkali-kali sampai tampil masuk ke halaman bios.
Setelah berhasil masuk ke halaman bios, masuk ke tab  Advanced, dengan menggunakan tanda panah kanan pada keyboard.  Kemudian geser ke menu IDE Configuration dengan menekan tombol panah bawah pada keyboard, kemudian tekan tombol enter.