Carter Mobil

carter mobil

Selasa, 20 Maret 2012

Mengatasi Komputer Hang


Dua artikel sebelum-nya telah membahas mengenai pengertian komputer hang dan penyebab komputer hang. Kini mari dilanjutkan pembahasan-nya, mengenai cara mengatasi komputer hang.

Sebelum kita membicarakan bagaimana cara mengatasi komputer hang, kita perlu tahu bahwa dalam beberapa kasus komputer seperti sedang hang padahal tidak. Mungkin saja komputer sedang melakukan proses namun berjalan lambat, untuk kasus ini kita hanya perlu bersabar menunggu beberapa saat sampai komputer selesai melakukan prosesnya.

Jika proses terlalu lama dan kamu tidak sabar menunggu, kamu bisa melakukan tindakan lebih lanjut. Pada sistem operasi yang lebih baru atau modern, misalnya windows 2000, windows xp, windows vista dan windows 7 telah menyediakan fitur yang dapat menghentikan atau membunuh aplikasi yang sedang melakukan proses yang tidak selesa-selesai. Fitur ini ada di dalam jendela task manager, untuk mengentikan suatu aplikasi kamu hanya perlu menyorot salah satu aplikasi kemudian menekan tombol End Task.

Agar lebih jelas perhatikan langkah  mengakhiri program secara paksa di bawah ini.
1.  Langkah pertama, tampilkan Task Manager, dengan klik kanan mouse kamu pada Task Bar, lalu pilih Start Task Manager.


2.  Setelah jendela “task manager” tampil, silahkan pilih salah satu program atau aplikasi yang loadingnya lama kemudian klik tombol “End Task”di ujung bawah.


Aplikasi yang sedang laoading lama biasanya ditandai dengan status Not Responding seperti gambar di bawah ini 


3. Setelah itu tekan tombol End Task, tunggu beberapa saat sampai proses penutupan aplikasi dengan paksa selesai.

Langkah di atas dapat dilakukan jika proses aplikasi yang lambat, namun jika komputer hang sampai mouse tidak dapat digerakkan dan keyboard tidak dapat digunakan untuk menginput data. Yang harus dilakukan adalah menekan tombol restart atau tombol ON/OFF (jika tidak ada tombol restart) kemudian menyalakannya lagi.
Seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya, hang dapat juga disebabkan oleh program yang tidak diinginkan, seperti virus yang menyusup ke komputer via flasdisk atau dari Internet. Untuk mengatasi hal ini tentunya dengan menggunakan program anti virus, cobalah dengan antivirus yang paling ringan seperti antivirus Smadav (buatan indonesia).
Komputer hang pada tingkat yang lebih parah dapat membuat komputer restart dengan sendirinya, bahkan sampai berkali-kali restart. Untuk mengatasi komputer restart dengan sendirinya akan dibahas pada artikel selanjutnya.
Kami harap panduan cara mengatasi komputer hang di atas bisa diterapkan untuk komputer atau laptop kamu yang sedang hang.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren