Carter Mobil

carter mobil

Senin, 19 Maret 2012

Kerusakan Karena Mematikan Komputer tanpa Shutdown




Komputer merupakan perangkat digital yang rentan terhadap kerusakan, sehingga untuk penggunaannya, sebaiknya sobat mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mematikan komputer dengan aman, bila sobat terlalu sering mematikan komputer dengan cara mematikan hubungan listrik ke komputer tanpa melakukan proses Shutdown, sebaiknya sobat perlu merubah kebiasaan jelek tersebut.
Dengan mematikan secara paksa tersebut maka komputer rentan terhadap beberapa penyakit berikut yaitu :

1. Kehilangan Data Pada Registry
Pada saat proses shutdown komputer akan meregistrasi ulang komponen komputer yang terpakai (digunakan) dan software serta data yang dipakai atau yang di delete. Kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registrasi, sehingga bila terjadi masalah pada komputer maka komputer tidak dapat mengadakan system recovery berdasarkan tanggal atau waktu yang di tetapkan.

2. Mempercepat kerusakan Pada Komponen Komputer
Pada saat proses shutdown, processor memberikan perintah kepada bios untuk menghentikan segala pekerjaan komponen peralatan, sehingga arus atau daya yang terpakai diputus secara normal, tapi kalau kita mematikan langsung maka komponen komputer secara mendadak mati tanpa pemutusan arus secara normal sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan pada komponen komputer.

3. Merusak Processor Terutama Pada Power Supply
Pada saat proses shutdown fan komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan processor, kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka pendinginan processor tidak bekerja secara normal maka lama-kelamaan processor bisa rusak.

4. Merusak Memory Komputer
Pada saat proses shutdown system memory akan dikosongkan, sehingga pada saat komputer dipakai lagi maka memory sudah benar-benar dalam keadaan refresh, kalau kita mematikan komputer secara langsung maka besar kemungkinan memory bisa rusak.

5. Mempercepat Kerusakan Hardisk
Pada saat proses shutdown hardisk bekerja untuk menyimpan data yang diperintahkan processor serta menyalin data komponen serta software kedalam registrasi komputer, kemudian head hardisk akan kembali keposisi awal (keposisi tidak membaca hardisk), kalau kita mematikan komputer secara langsung maka selain data komponen dan software tidak tersimpan pada registry, juga posisi head hardisk berada di tengah silinder hardisk, sehingga pada saat dihidupkan kembali head komputer dapat merusak silinder hardisk sehingga terjadi Bad sector hardisk, lama kelamaan akan menyebabkan hardisk rusak.

Itulah sebabnya mengapa pada saat proses shutdown komputer lama untuk mati. Oleh sebab itu hendaknya jika mematikan komputer harus melakukan proses shutdown bila kita tidak ingin ada masalah kerusakan pada system komputer kita baik softwarenya maupun hardwarenya.
Demikian 5 kerusakan komputer yang biasa terjadi karena mematikan secara paksa dengan memutus aliran listrik, semoga bermanfaat.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren