Carter Mobil

carter mobil

Senin, 26 Maret 2012

Cara Merawat Printer Agar Awet


9 Tips & Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama


Printer ialah sebuah kebutuhan yang wajib bagi pemilik sebuah komputer, perkantoran, toko, dll. Printer ialah alat yang dapat Anda gunakan untuk mencetak dokumen baik berupa tulisan, gambar, dan lain-lain dari komputer ke media kertas atau sejenisnya.

Printer tersedia dalam berbagai merek yang beredar di pasaran seperti Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark, dll.
Selain berbagi merek yang disediakan, Anda harus mengetahui pula beberapa tipe printer yang disediakan di pasaran, yaitu printer inkjet, printer laser jet, dan printer dot matrik. Printer yang biasa menjadi satu paket dengan pembelian printer baru yang ialah printer inkjet.

Printer inkjet merupakan jenis printer yang menggunakan tabung isi tinta di luar printer sehingga Anda tidak perlu repot harus membongkar printer jika mengisi ulang tinta. Printer ini paling banyak digunakan oleh masyarakat atau usaha kecil seperti warnet. Hal ini karena harga dari printer inkjet relatif murah.

Printer inkjet murah ini dapat Anda miliki mulai harga Rp.400.000,- saja. Ada beberapa merek printer inkjet yang direkomendasikan yaitu Canon MP 258, Epson L200, HP F2476. Namun jika Anda menginginkan printer murah dapat memilih Epson L100 dan Epson L200.

Kekurangan dari printer inkjet dan printer lainnya ialah pada bagian kerusakan. Mengingat printer merupakan salah satu alat yang penting, maka sebaiknya Anda merawat printer dengan baik. Ada beberapa tips merawat printer ink jet, printer laser, maupun printer biasa agar awet dan tahan lama.
  • Gunakan printer sesering mungkin, jangan sampai printer tidak digunkan sama sekali. Printer inkjet yang dibiarkan lama akan menyebabkan tinta di head cartridge kering, sehingga akan menyumbat proses pengeprint-an.
  • Manfaatkan Clean Head pada printer secara berkala untuk tetap menjaga tinta keluar dengan lancar.
  • Jagalah kebersihan printer secara teratur, jangan sampai ada benda asing yang masuk sehingga menyebabkan printer macet dan tidak awet
  • Matikan printer dengan tombol power, agar posisi cartridge kembali ketempat semestinya. Maka dari itu jangan membiasakan mematikan printer melalui stop kontak.
  • Pastikan kertas sesuai dengan printer. Kondisi kertas harus sesuai tidak terlalu tipis atau terlalu tebal, dan yang terpenting kertas tidak kusut agar printer tetap awet dan tahan lama.
  • Gunakan tinta refill yang direkomendasikan agar hasil cetakan printer tetap berkwalitas
  • Segera isi ulang tinta jika sudah menunjukkan tanda habis. Tinta yang kosong akan menyebabkan tersumbatnya head cartridge.
  • Disarankan tidak membongkar casing printer jika belum ahli, karena kesalahan sedikit akan menyebabkan kerusakan
  • Jangan menyentuh chip cartridge dengan tangan, karena dapat mempengaruhi aliran listrik statis dan mengganggu komponen tersebut.
Dengan 9 cara merawat printer agar awet dan tahan lama seperti diatas diharapkan dapat berguna bagi Anda semua.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Film Bagus

film bagus
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren