Rabu, 21 Maret 2012

Cara Install Dual Boot


Install Dual Boot Windows 7 dan Windows XP



Dalam komputer kita bisa menginstal lebih dari satu sistem operasi atau istilahnya dinamakan dual boot, dual boot adalah kondisi dimana komputer di install lebih dari satu sistem operasi misalnya windows dan linux, atau windows dengan windows. dalam tutorial kali ini kita akan menginstall dual boot sistem operasi  windows 7 dan windows xp. Berikut tahapannya:

1. Persiapkan CD Installer Windows 7 dan Windows XP, atau anda bisa membuat installer windows melalui USB biar lebih cepat proses instalasinya.

2. Buat Hardisk minimal menjadi dua partisi, karena jika kita akan menginstall sistem dual boot masing-masing sistem operasi harus terpisah partisi

3. Atur Bios Supaya Booting Via CD Room atau USB

4. Yang Pertama kali anda install adalah sistem operasi windows XP ke direktori atau partisi D,
Setelah selesai selanjutnya anda install  windows 7 ke partisi C.
Alasan Menginstall Win XP Terlebih Dahulu
  • Jika kita menginstal windows 7 dulu baru kemudian windows XP, maka yang terjadi adalah bootloader dari windows 7 tertimpa oleh bootloader dari windows XP, karena bootloader dari windows 7 tidak terdeteksi(tidak di kenal) oleh boot dari windows XP. 
  • Sedangkan jika menginstal dengan cara sebaliknya, yaitu menginstal windows XP baru kemudian windows 7, hal tersebut diatas tidak akan terjadi. karena bootloader dari windows XP terdeteksi oleh boot dari windows 7. Sehingga tidak perlu membuat/mengembalikan bootloader dari windows XP lagi.
5. Setelah selesai  biarkan windows 7 booting dan beroperasi

6. Selanjutnya Download dan  install aplikasi EASYBCD, yaitu aplikasi untuk mengembalikan bootloder windows dan  mengatur BootManager

7. Jalankan Aplikasi EasyBCD kemudian Klik pada menu advance Setting dan pilih sistem operasi windows XP kemudian, pada tab Drive: pilih dimana letak windows xp tadi terinstal. Dari drive ini nanti akan di cari bootloader dari windows xp, sehingga jangan sampai salah dalam memilih drive tempat windows xp terinstal. Setelah itu klik Save Settings.


0 comments :

Poskan Komentar

Kalo sobat ingin berkomentar silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya....



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Keren